MODEL KESIAPSIAGAAN BENCANA (DISASTER PREPAREDNESS) DALAM BENTUK PEMBELAJARAN SEKOLAH DARURAT DENGAN PENDEKATAN FUN LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DARI LIMBAH RUMAH TANGGA UNTUK PENANGANAN PENDIDIKAN DI DAERAH PASCA BENCANA

Suyoso, - and Juli, Astono and Dadan, Rosana (2009) MODEL KESIAPSIAGAAN BENCANA (DISASTER PREPAREDNESS) DALAM BENTUK PEMBELAJARAN SEKOLAH DARURAT DENGAN PENDEKATAN FUN LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DARI LIMBAH RUMAH TANGGA UNTUK PENANGANAN PENDIDIKAN DI DAERAH PASCA BENCANA. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7

[img]
Preview
Text
O_Pend_Fis_SUYOSO.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Mengembangkan pembelajaran tentang deteksi dini dan resiko kebencanaan yang diintegrasikan dalam mata pelajaran sains di sekolah dasar wilayah bencana, 2)mendesain strategi belajar mengajar dengan pendekatan fun learning , dalam upaya meningkatkan ketahanan mental dan motivasi belajar siswa pasca bencana, 3)mengembangkan media pembelajaran dengan memanfaatkan barang bekas atau limbah plastik dan logam yang mudah di dapat di daerah pasca bencana.,4) mengembangkan media pembelajaran simulasi (audiovisual) yang bersifat rekreatif untuk siswa di daerah bencana, 5) mengembangkan modul pembelajaran berbasis fun learning dengan memanfaatkan media dari limbah plastik dan logam. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research & developmen) dengan model spiral yang mengadaptasi five phases of instructional design’Populasi penelitian adalah semua siswa sekolah dasar di dareah pasca bencana di Provinsi DIY Sampel penelitian diambil secara stratified random sampling. Melalui cara ini diambil 2 sekolah dasar yang masing masing terletak di daerah berpotensi bencana gempa tektonik di Kabupaten Bantul yaitu SDN Wojo di Kecamatan Banguntapan, dan SDN Pangukrejo yang terletak paling dekat dengan gunung Merapi dan berpotensi terkena bencana baik akibat gempa vulkanik maupun lelehan lava panas Hasil penelitian tahun pertama telah dapat mengembangkan perangkat pembelajaran sebagai berikut; (1) Perangkat Praktikum khusus daur ulang, (2) Rencana Pembelajaran, (3) Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan (4) Instrumen Evaluasi. Perangkat pembelajaran tersebut telah diujicobakan pada siswa di SDN Wojo dan SDN Pangukrejo. Hal ini sesuai dengan tujuan khusus dari penelitian yang berkaitan dengan tujuan ketiga dan kelima yaitu, mengembangkan media pembelajaran dengan memanfaatkan barang bekas atau limbah plastik dan logam yang mudah di dapat di daerah pasca bencana, dan menghasilkan modul pembelajaran berbasis fun learning dengan memanfaatkan media dari limbah plastik dan logam. Dengan demikian rancangan ini dapat diterapkan sesuai dengan tujuan kedua yaitu, mengembangkan strategi belajar mengajar dengan pendekatan fun learning , dalam upaya meningkatkan ketahanan mental dan motivasi belajar siswa pasca bencana yang selanjutnya disertai dengan terealisasinya tujuan penelitian pertama yaitu, mengembangkan pembelajaran tentang deteksi dini dan resiko kebencanaan yang diintegrasikan dalam mata pelajaran sains di sekolah dasar wilayah bencana

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kesipasiagaan Bencana, Pendekan Fun learning, Media pembelajaran,Pendidikan pasca bencana
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Mar 2015 02:25
Last Modified: 06 Mar 2019 00:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12348

Actions (login required)

View Item View Item