Asri, Widowati (2009) PENGEMBANGAN CRITICAL THINKING MELALUI PENERAPAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN SAINS. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7
|
Text
M_Bio_Asri Widowati 2.pdf Download (81kB) | Preview |
Abstract
Kajian ini bertujuan menggali bagaimana pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Pada dasarnya, diskusi ini difokuskan pada model PBL sebagai suatu upaya dalam mengembangkan kemampuan kognitif, terutama berpikir kritis (critical thinking). Critical thinking termasuk kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order of thinking) yang merupakan salah satu komponen dalam isu kecerdasan abad ke-21 (The issue of 21st century literacy). Pengembangan kemampuan critical thinking dalam pembelajaran sains sangat penting karena kemampuan tersebut digunakan dalam berbagai aspek kehidupan manusia sehari-hari. Suatu alternatif model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan critical thinking adalah Problem Based Learning (PBL).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Critical Thinking, Problem Based Learning, Pembelajaran Sains |
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 04 Mar 2015 02:24 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 00:46 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12345 |
Actions (login required)
View Item |