PENGEMBANGAN MODEL KBSB (KETERAMPILAN BERPIKIR DAN STRATEGI BERPIKIR) MELALUI PEMBELAJARAN SAINS REALISTIK UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS HANDS-ON DAN MINDS-ON SISWA

Al. Maryanto, - and Pujianto, - (2009) PENGEMBANGAN MODEL KBSB (KETERAMPILAN BERPIKIR DAN STRATEGI BERPIKIR) MELALUI PEMBELAJARAN SAINS REALISTIK UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS HANDS-ON DAN MINDS-ON SISWA. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7

[img]
Preview
Text
I_Pend_Fis_Al.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi KBSB yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir siswa dan prestasi belajar. Adapun sebagai subjek penelitian adalah siswa SMPN 2 Sentolo kelas 3 sebanyak 30 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan menggunakan model 4D yang terdiri dari tahap define, design, develop dan disseminate. Data dianalisis menggunakan sistem peningkatan skor melalui gain score. Aktivitas siswa selama pembelajaran ditunjukkan dengan persentase kegiatan meliputi mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan dan menanggapi pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan strategi KBSB telah dapat meningkatkan aktivitas hands on dan minds on siswa. Peningkatan keterampilan berpikir ditunjukkan dengan ketercapaian gain score sebesar 0,36.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: keterampilan berpikir, aktivitas hands on dan minds on
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Mar 2015 02:24
Last Modified: 06 Mar 2019 00:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12337

Actions (login required)

View Item View Item