PENDEKATAN DISCOVERY-INQUIRY-AKTIVITAS-INTERAKTIF DALAM PENGAJARAN SAINS DI SEKOLAH DASAR JAWA TENGAH

Vinta, A. Tiarani (2009) PENDEKATAN DISCOVERY-INQUIRY-AKTIVITAS-INTERAKTIF DALAM PENGAJARAN SAINS DI SEKOLAH DASAR JAWA TENGAH. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7

[img]
Preview
Text
H_IPA_vinta.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Artikel ini tentang pengajaran sains di sekolah dasar yang secara pedagogi selaras dengan budaya Jawa di Jawa Tengah, Indonesia. Pada umumnya pelaksanaan pengajaran di kelas-kelas sekolah dasar di Jawa berpusat pada guru dan kurang menekankan pentingnya aktivitas siswa. Di sisi lain, pustaka pendidikan saat ini menekankan bahwa belajar merupakan proses yang bersifat personal – konstruktivisme atau belajar konstruktivistik, yang ditinjau dari segi budaya tampaknya bertentangan dengan nilai budaya Jawa yang menghargai adat ketimuran seperti kepatuhan (manut), menghargai orang yang lebih tua (aji), kesopanan (sungkan), malu (isin), kerukunan (rukun), kerendahhatian, toleransi, dan empati. Dengan menggunakan pendekatan otoetnografi dan narasi personal, kajian awal menunjukkan bahwa pendekatan interaktif untuk mengajar sains yang berdasar pada konteks keseharian dimungkinkan lebih efektif untuk keberhasilan pembelajaran sains bagi anak-anak sekolah dasar. Pendekatan ini bermula dengan eksplorasi dan aktivitas heuristik yang dirancang untuk menstimulasi siswa dalam bertanya dan mengemukakan apa yang dipelajari.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Mar 2015 02:25
Last Modified: 06 Mar 2019 00:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12335

Actions (login required)

View Item View Item