UPAYA PENGOPTIMALISASIAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN SAINS DAN IDENTIFIKASI ASPEK DIVERGENT THINKING DENGAN PENDEKATAN INQUIRY

Asri, Widowati (2009) UPAYA PENGOPTIMALISASIAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN SAINS DAN IDENTIFIKASI ASPEK DIVERGENT THINKING DENGAN PENDEKATAN INQUIRY. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7

[img]
Preview
Text
G_Bio_Asri Widowati1.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui aspek divergent thinking yang muncul atau yang berkembang pada kelompok mahasiswa selama mengikuti pembelajaran mata kuliah Pendidikan Sains dengan menggunakan pendekatan inquiry. Penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif dengan strategi penelitian observasi simulasi. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Biologi. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi divergent thinking. Adanya indikasi belajar bermakna diungkap dari observasi saat pembelajaran, analisis hasil laporan eksperimen secara tertulis ataupun lisan. Pendekatan inquiry juga dapat mengoptimalkan kualitas pembelajaran. Dari pengamatan identifikasi aspek divergent thinking diperoleh hasil bahwa kemampuan divergent thinking mahasiswa dapat dikembangkan dengan cukup baik melalui penerapan pendekatan inquiry.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Inquiry, Pembelajaran Sains, Divergent Thinking
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Mar 2015 02:24
Last Modified: 06 Mar 2019 00:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12333

Actions (login required)

View Item View Item