IMPLEMENTASI LESSON STUDY MATA PELAJARAN IPA BERBASIS MGMP SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN LEARNING COMMUNITY.

Supahar, - (2009) IMPLEMENTASI LESSON STUDY MATA PELAJARAN IPA BERBASIS MGMP SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN LEARNING COMMUNITY. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7

[img]
Preview
Text
E_Pend_Fis_Supahar1.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Kegiatan Lesson Study pembelajaran IPA SMP berbasis MGMP dalam rangka pelaksanaan SISTTEMS di Bantul bertujuan untuk menciptakan Learning Community bagi para pendidik di Kabupaten Bantul. Kegiatan ini dilaksanakan di MGMP IPA Home base – 3 yang meliputi wilayah kecamatan Kasihan, Pajangan , dan Sedayu dengan melibatkan 35 guru. Lesson Study dilaksanakan pada kelas dimana guru model mengajar. Evaluasi kegiatan lesson study dilakukan dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process and Product evaluation). Metode yang digunakan adalah analisis hasil dari monitoring selama kegiatan berlangsung. Berdasarkan hasil analisis pelaksanaan kegiatan diketahui bahwa lesson study dapat menciptakan learning community bagi guru-siswa, dan guru-guru sehingga dapat mengembangkan kemampuan/kualitas guru dalam pembelajaran IPA, meningkatkan kerjasama antar guru IPA, meningkatkan kolaborasi antara dosen dan guru, dan dapat membelajarkan siswa dalam belajar IPA sehingga aktivitas belajar siswa meningkat.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Mar 2015 02:24
Last Modified: 06 Mar 2019 00:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12329

Actions (login required)

View Item View Item