Sabar, Nurohman (2009) PENERAPAN SEVEN JUMP METHOD (SJM) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7
|
Text
D_Pend_SabarNurohman2.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran klasikal yang masih didominasi oleh kegiatan dosen di depan kelas telah banyak dikritik sebagai pembelajaran yang tidak membelajarkan. Namun pada kenyataannya, mayoritas dosen, termasuk di lingkungan FMIPA UNY, masih menggunakan pola teacher centered tersebut dalam pembelajarannya di kelas. Pembelajaran teacher centered kurang memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk melakukan proses sains. Akibatnya, mahasiswa tidak memiliki keterampilan proses sains yang memadai. Oleh karena itu, perlu ada terobosan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa. Kajian ini akan mencoba mengurai penerapan Seven Jump Methods (SJM) sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa. Keterampilan proses sains terdiri dari: 1) Keterampilan mengamati, 2) Keterampilan menafsirkan hasil pengamatan, 3) Membuat hipotesis, 4) Merancang eksperimen, 5) Melakukan eksperimen, 6) Menganalisis data, dan 7) Mengkomunikasikan hasil. Adapun SJM adalah sebuah metode pembelajaran yang terdiri dari tujuh langkah, yaitu: 1) Klarifikasi terminologi dan konsep yang belum dipahami, 2) Mendefinisikan Permasalahan, 3) Menganalisis permasalahan dan menawarkan penjelasan sementara, 4) Menginventarisir berbagai penjelasanan yang dibutuhkan, 5) Menformulasi tujuan belajar, 6) Mengumpulkan informasi melalui belajar mandiri, 7) Mensintesis informasi baru dan menguji serta mengevaluasinya untuk permasalahan yang sedang dikemukakan dan Melakukan refleksi penguatan hasil belajar. Berdasarkan kajian teoritis dengan menganalisis komponen keterampilan proses dan sintak metode SJM, maka dapat disimpulkan bahwa: metode SJM memiliki tahap-tahap pembelajaran yang selaras dengan pengembangan keterampilan proses sains mahasiswa. Oleh karena itu, metode SJM secara teoritis dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan keterampilan proses sains.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Seven Jump Method, Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 04 Mar 2015 02:24 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 00:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12328 |
Actions (login required)
View Item |