PEMBELAJARAN KOLABORATIF DAN BERBAGAI IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Yusman, Wiyatmo (2009) PEMBELAJARAN KOLABORATIF DAN BERBAGAI IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7

[img]
Preview
Text
C_Pend_Fis_Yusman.pdf

Download (62kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini akan memaparkan kajian tentang pembelajaran kolaboratif dan berbagai implikasinya terhadap berbagai aspek belajar siswa terutama pada kebermaknaan pembelajaran dan efisiensi proses pembelajaran. Pengkajian dilakukan dengan menelaah beberapa literatur dan pengalaman empiris di lapangan. Hasil pengkajian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran kolaboratif dapat memberikan pembelajaran bermakna bagi seluruh siswa; (2) siswa mengalami lompatan pemahaman; (3) pembelajaran dilakukan secara berkelompok; (3) ada keberanian dari siswa dalam kelompok bawah yang kesulitan dalam memecahkan masalah untuk minta bantuan kepada temannya dalam kelompok; (4) pembelajaran tidak terjadi dalam kesatuan, namun pembelajaran merupakan hasil dari keragaman dan perbedaan; (5) sangat efisien, karena semua siswa terlibat aktif dalam pembelajaran, memberikan peluang yang besar bagi siswa untuk mengembangkan pembelajaran yang telah dialami; (6) siswa tidak mengalami kebosanan dari awal hingga akhir pembelajaran; dan (7) menggairahkan siswa untuk belajar.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Mar 2015 02:25
Last Modified: 06 Mar 2019 00:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12327

Actions (login required)

View Item View Item