PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP-KONSEP DASAR SAINS CALON GURU SD MELALUI PERANGKAT PERKULIAHAN BERBASIS STRUKTUR PEMBELAJARAN SEQIP (SCIENCE EDUCATION QUALITY IMPROVEMENT PROJECT)

Insih, Wilujeng and Zuhdan, K.P. and Pratiwi, Puji A. and Ikhlasul, Ardi N (2009) PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP-KONSEP DASAR SAINS CALON GURU SD MELALUI PERANGKAT PERKULIAHAN BERBASIS STRUKTUR PEMBELAJARAN SEQIP (SCIENCE EDUCATION QUALITY IMPROVEMENT PROJECT). Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7

[img]
Preview
Text
A_Pend_Fis_Insih Wilujeng.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep-konsep dasar sains yang berimplikasi pada peningkatan self efficacy mahasiswa calon guru menggunakan struktur pembelajaran SEQIP. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah classroom action research atau penelitian tindakan kelas dengan subyek mahasiswa S-1 PGSD kelas S-6-C, prodi PGSD, jurusan PPSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta yang berjumlah 30 mahasiswa. Penelitian setiap siklusnya terdapat perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hasil belajar mahasiswa dan tanggapan mengenai keyakinan mereka pada kemampuan masing-masing dalam mengajarkan sains sesuai dengan hakikatnya. Instrumen yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Mahasiswa, sedangkan instrumen untuk mengumpulkan data adalah angket dan lembar observasi, serta soal pretest dan postest. Sebagaimana tujuan penelitian ini, maka data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif untuk menentukan keberhasilan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur pembelajaran SEQIP mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep dasar sains dan meningkatkan self efficacy mahasiswa calon guru daripada struktur pembelajaran menggunakan kurikulum PGSD tahun 1995. Gain yang dicapai dalam peningkatan pemahaman konsep menurunkan ketidakyakinan mahasiswa calon guru hingga 50,99%. Interpretasi kualitatif dari data tersebut adalah struktur SEQIP mampu meningkatkan pemahaman konsep dasar sains dan self efficacy mahasiswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Konsep dasar sains, self efficacy, SEQIP
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Mar 2015 02:24
Last Modified: 04 Mar 2015 02:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12326

Actions (login required)

View Item View Item