Warli, - (2009) PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS GAYA KOGNITIF REFLEKTIF-IMPULSIF (STUDI PENDAHULUAN PENGEMBANGAN MODEL KBR-I). Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7
|
Text
M_Pend_37_Warli.pdf Download (96kB) | Preview |
Abstract
Untuk mendesain pembelajaran yang sesuai, salah satu faktor yang harus diperhatikan adalah gaya kognitif siswa. Gaya kognitif pada tulisan ini difokuskan pada reflektif-impulsif yang diukur dengan MFF tes. Pada dasarnya gaya kognitif ini mengelompokkan siswa menjadi empat kelompok, yaitu: a) Siswa dengan karakteristik cepat dalam menjawab dan jawaban cenderung benar, b) Siswa dengan karakteristik lambat dalam menjawab dan jawaban cenderung benar (reflektif), c) Siswa dengan karakteristik lambat dalam menjawab dan jawaban cenderung salah, dan d) Siswa dengan karakteristik cepat dalam menjawab dan jawaban cenderung salah (impulsif). Keempat karakteristik siswa ini, sebagai dasar untuk mendesain model pembelajaran baru untuk mengatasi kelemahan masing-masing karakteristik siswa dan juga memanfaatkan kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing siswa dengan cara menggunakan kaidah pembelajaran kooperatif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran, kooperatif, gaya kognitif, reflektif, impulsif. |
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 04 Mar 2015 02:25 |
Last Modified: | 09 Mar 2019 07:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12321 |
Actions (login required)
View Item |