‘STUDENT RECAP’ DENGAN FORMAT DG, DGS DAN SKS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Dra Hj.Wahyu, Cahyaning Pangestuti (2009) ‘STUDENT RECAP’ DENGAN FORMAT DG, DGS DAN SKS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7

[img]
Preview
Text
M_Pend_36_Wahyu CP.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

Dalam berbagai forum seminar yang penulis ikuti muncul kritik; konsep pendidikan telah tereduksi menjadi pengajaran, dan pengajaran lalu menyempit menjadi kegiatan di kelas. Sementara yang berlangsung di kelas tak lebih dari kegiatan guru mengajar siswa dengan target kurikulum dan mengejar NUM (Nilai Ujian Nasional Murni). Pendidikan dan Pengajaran adalah dua hal yang berbeda. Sementara kita hanya menitikberatkan pengajaran sehingga mengesampingkan pendidikan. Proses pengajaran yang menitikberatkan pada aspek kognitif dan kemampuan teknis semata akan melahirkan manusia tukang dan bukan seorang pemimpin yang kaya dengan inovasi serta memiliki komitmen sosial yang kuat. Agar kegiatan di dalam kelas tercipta pendidikan yang diidamkan, maka salah satunya adalah dengan meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran dan lebih memberdayakan kemampuan siswa kelas 7-5 SMPN 216 DKI yang memang sudah tinggi, rata-rata nilai matematika UASBN 8,75. Tujuan penelitian adalah untuk menyelesaikan masalah kurang aktifnya siswa kelas 7-5 SMPN 216 Jakarta pada saat pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan. Kegiatan dimulai dengan penelitian pendahuluan, dan dilanjutkan dengan penelitian tindakan yang terdiri dari 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, analisis dan refleksi. Dalam penelitian ini digunakan teknik triangulasi data untuk memperoleh data yang valid, dimana menerangkan serta menyimpulkan data dari 3 pihak yaitu: guru, siswa, dan pengamat (kolaborator) serta menggali dari sumber yang berbeda untuk mendapatkan informasi yang sama. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran “Student Recap” dengan format DG, DGS dan SKS dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar matematika. (2) Kemampuan siswa dalam membuat ‘Student Recap’ meningkat jika dibimbing secara bertahap menggunakan format DG, DGS dan SKS. (3) Pembentukan kelompok yang melibatkan siswa dan kelompok yang tidak berubah menjadikan tiap kelompok lebih kompak sehingga mempererat hubungan kerjasama.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ‘Student Recap’; Format DG, DGS dan SKS; Aktif;
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Mar 2015 02:24
Last Modified: 04 Mar 2015 02:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12319

Actions (login required)

View Item View Item