KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMP: PROBLEMATIKA DAN CARA MELATIHKANNYA

Sugiman, Sugiman (2009) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMP: PROBLEMATIKA DAN CARA MELATIHKANNYA. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7

[img]
Preview
Text
M_Pend_32_Sugiman.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematik merupakan kemampuan esensial yang seharusnya dimiliki oleh setiap siswa setelah mereka mengikuti pembelajaran matematika. Namun kenyataannya banyak siswa yang kurang mampu dalam menyelesaikan masalah, terutama masalah yang non-rutin. Upaya untuk mengatasi hal ini adalah dengan menerapkan pendekatan pembelajaran yang melatih siswa melakukan langkah-langkah pemecahan masalah matematik. Langkah-langkah tersebut, menurut Polya, terdiri dari memahami masalah, menyusun strategi, melakukan strategi yang dipilihnya, dan melihat kembali. Setidaknya, ada dua macam cara mengukur kemampuan pemecahan masalah, yakni secara parsial dan secara terintegrasi. Selanjutnya, berdasarkan analisis keterkaitan, implementasi Pendidikan Matematika Realistik dengan lima karakteristikya dapat melatih siswa dalam memecahkan masalah matematik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah Matematik, Matematika Realistik.
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Mar 2015 02:24
Last Modified: 03 Oct 2019 03:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12311

Actions (login required)

View Item View Item