Sugiman, Sugiman (2009) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMP: PROBLEMATIKA DAN CARA MELATIHKANNYA. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7
|
Text
M_Pend_32_Sugiman.pdf Download (134kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematik merupakan kemampuan esensial yang seharusnya dimiliki oleh setiap siswa setelah mereka mengikuti pembelajaran matematika. Namun kenyataannya banyak siswa yang kurang mampu dalam menyelesaikan masalah, terutama masalah yang non-rutin. Upaya untuk mengatasi hal ini adalah dengan menerapkan pendekatan pembelajaran yang melatih siswa melakukan langkah-langkah pemecahan masalah matematik. Langkah-langkah tersebut, menurut Polya, terdiri dari memahami masalah, menyusun strategi, melakukan strategi yang dipilihnya, dan melihat kembali. Setidaknya, ada dua macam cara mengukur kemampuan pemecahan masalah, yakni secara parsial dan secara terintegrasi. Selanjutnya, berdasarkan analisis keterkaitan, implementasi Pendidikan Matematika Realistik dengan lima karakteristikya dapat melatih siswa dalam memecahkan masalah matematik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemecahan Masalah Matematik, Matematika Realistik. |
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 04 Mar 2015 02:24 |
Last Modified: | 03 Oct 2019 03:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12311 |
Actions (login required)
View Item |