MATEMATIKA DALAM KEGIATAN SEHARI-HARI MASYARAKAT BERPENDIDIKAN RENDAH

Pradnyo, Wijayanti (2009) MATEMATIKA DALAM KEGIATAN SEHARI-HARI MASYARAKAT BERPENDIDIKAN RENDAH. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7

[img]
Preview
Text
M_Pend_26_Pradnyo.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Matematika adalah ilmu yang selalu digunakan oleh manusia sepanjang hidupnya. Manusia lahir dan agar tetap hidup harus makan dan minum. Jika anak-anak ditanya “Berapa kali makan nasi dalam sehari?”, maka anak akan menjawab tiga kali. Atau mungkin, jika ditanyakan tentang berapa kali mandi dalam sehari, maka tentulah jawabnya dua kali. Hal-hal tersebut, yaitu menyebut tiga dan dua, sebenarnya secara tidak langsung anak sudah menyebutkan fakta dalam matematika yaitu bilangan. Dengan demikian, kita tidak dapat menutup mata bahwa sebenarnya secara tidak langsung manusia itu telah menggunakan dan mengembangkan fakta, konsep, prinsip, dan keterampilan matematika yang merupakan objek matematika melalui aktivitas dalam hidupnya. Berdasarkan kenyataan di lapangan, jika seorang tukang bangunan yang melakukan pekerjaan membuat bangunan berbentuk lingkaran dengan jari-jari satu meter. Ternyata tukang tersebut dalam membuat lingkaran menggunakan kayu dengan salah ujungnya digunakan sebagai pusat putaran (pusat jangka) dan ujung yang lain digunakan sebagai tempat alat pemberi tanda (di jangka sebagai tempat pensil). Hal tersebut menunjukkan bahwa si tukang bangunan menggunakan pengembangan cara kerja jangka yang telah dipelajari di sekolah dulu. Selain itu, si tukang secara tidak sadar sebenarnya sudah menggunakan definisi lingkaran dan juga keterampilan matematika dalam melakukan aktivitas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: fakta, konsep, prinsip, keterampilan
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Mar 2015 02:24
Last Modified: 09 Mar 2019 07:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12298

Actions (login required)

View Item View Item