PENINGKATAN KETERAMPILAN MELAPORKAN HASIL MEMBACA MELALUI PIDATO ARGUMENTASI DENGAN STRATEGI SALING BERADU PENDAPAT PADA SISWA KELAS XI MAK MAN WATES 1 KULON PROGO

Laila Isfaiza (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN MELAPORKAN HASIL MEMBACA MELALUI PIDATO ARGUMENTASI DENGAN STRATEGI SALING BERADU PENDAPAT PADA SISWA KELAS XI MAK MAN WATES 1 KULON PROGO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Laila_Isfaiza.pdf

Download (50MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan melaporkan hasil membaca melalui pidato argumentasi dengan Strategi Saling Beradu Pendapat pada siswa kelas XI MAK MAN Wates I Kulon Progo. Sebelum tindakan dalam penelitian ini dilaksanakan, keterampilan melaporkan hasil membaca siswa masih rendah. Dengan tindakan berupa strategi pembelajaran Saling Beradu Pendapat dalam proses pembelajaran keterampilan melaporkan hasil membaca, keterampilan melaporkan hasil membaca siswa kelas XI MAK MAN Wates I meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah Kelas XI Agama (MAK) MAN Wates I. Objek penelitian ini adalah pembelajaran keterampilan melaporkan hasil membaca melalui pidato argumentasi dengan Strategi Saling Beradu Pendapat. Penelitian dilaksanakan dari Oktober-November 2011. Fokus penelitian ini adalah pada penggunaan Strategi Saling Beradu Pendapat dalam upaya meningkatkan keterampilan melaporkan hasil membaca melalui pidato argumentasi siswa kelas XI MAK MAN Wates I. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, observasi, catatan lapangan, dan alat rekam gambar. Instrumen yang digunakan adalah angket, lembar observasi, lembar catatan lapangan, lembar penilaian keterampilan melaporkan hasil membaca melalui pidato argumentasi, dan pedoman penilaian keterampilan melaporkan hasil membaca melalui pidato argumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas proses, hasil, demokratik dan dialogis, sedangkan reliabilitas dicapai dengan melampirkan data asli berupa angket dan lembar penilaian berpidato. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Strategi Saling Beradu Pendapat dalam proses pembelajaran keterampilan melaporkan hasil membaca dapat meningkatkan keterampilan melaporkan hasil membaca siswa kelas XI MAK MAN Wates I melalui pidato argumentasi. Peningkatan terjadi pada proses dan hasil. Keberhasilan proses terlihat dari aktivitas siswa yang lebih semangat dan aktif dalam pembelajaran. Keberhasilan produk terlihat dari peningkatan skor rata-rata keterampilan melaporkan hasil membaca melalui pidato argumentasi siswa dari pratindakan sampai praktik berpidato siklus II. Skor rata-rata siswa pada pratindakan adalah 13,8, kemudian meningkat menjadi 18,25 pada praktik berpidato siklus I, dan meningkat menjadi 23,05 pada praktik berpidato siklus II. Peningkatan skor rata-rata siswa adalah sebesar 9,25. Penggunaan Strategi Saling Beradu Pendapat dalam pembelajaran melaporkan hasil membaca melalui pidato argumentasi ini membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan memudahkan siswa dalam menyusun alasan untuk melaporkan isi artikel lewat pidato argumentasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Virga FBS
Date Deposited: 28 Jun 2012 08:04
Last Modified: 01 Feb 2019 01:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1229

Actions (login required)

View Item View Item