Manuharawati, - (2009) LESSON STUDY: SALAH SATU ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7
|
Text
M_Pend_22_Manuharawati.pdf Download (47kB) | Preview |
Abstract
Dari penelitian pendahuluan di dua SMP Negeri di kawasan kota Surabaya Selatan yang pernah dilakukan, antara lain diperoleh: 65% dari siswa mengatakan bahwa pelajaran Matematika merupakan salah satu pelajaran di sekolah yang sangat ditakuti dan dianggap sebagai pelajaran yang membosankan; 61% guru mengatakan kesulitan dalam menciptakan pembelajaran Matematika yang menyenangkan dan tidak membosankan. Hasil penelitian ini memunculkan masalah: Bagaimanakah strategi dan pendekatan dalam pembelajaran Matematika di SMP yang menyenangkan dan yang berkualitas. Dari Pengalaman pelaksanaan Lesson Study berbasis MGMP di SMP Negeri kawasan kota Surabaya Selatan diperoleh bahwa Lesson Study yang merupakan pengkajian pembelajaran: yang dilakukan secara nyata di dalam kelas, pembelajarannya dirancang bersama-sama, dan diamati bersama-sama, dan hasil pengamatan tersebut didiskusikan secara bersama-sama untuk mencari alternatif perbaikan pembelajaran berikutnya merupakan salah satu pilihan (alternatif) dalam menjawap masalah pembelajaran, khususnya pembelajaran Matematika
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lesson Study |
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 04 Mar 2015 02:24 |
Last Modified: | 09 Mar 2019 07:46 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12286 |
Actions (login required)
View Item |