SIKAP SISWA TERHADAP MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Drs. Hartanto, M.Kes, - (2009) SIKAP SISWA TERHADAP MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7

[img]
Preview
Text
M_Pend_10_Hartanto.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilakukan untuk menjawab permasalahan, bagaimana sikap siswa terhadap matematika dalam pembelajaran dengan Pendekatan Open-Ended (POE) dan Pembelajaran Matematika Konvensional (PMK). Penelitian eksperimen dengan kelompok pretes-postes. Subjek populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMP di Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Sekolah SMP yang termasuk peringkat sedang, dipilih secara acak sebanyak dua sekolah sebagai sampel kemudian masing-masing dipilih dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan Pendekatan Open-Ended (POE), dan kelas kontrol diberi perlakuan Pembelajaran Matematika Konvensional (PMK). Kelas eksperimen sebanyak 66 orang dan kelas kontrol sebanyak 67 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan POE secara signifikan memiliki sikap yang lebih positif terhadap matematika dibanding siswa yang mengikuti Pembelajaran Matematika Konvensional (PMK). Faktor pembelajaran dengan faktor kemampuan matematika siswa tidak mengalami interaksi dalam hal sikap siswa terhadap matematika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Open-Ended, Sikap, Pendekatan konvensional.
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Mar 2015 02:24
Last Modified: 09 Mar 2019 07:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12269

Actions (login required)

View Item View Item