PENERAPAN JURNAL MATEMATIKA UNTUK MENDORONG KEMAMPUAN MEREFLEKSI DIRI SISWA SECARA TERTULIS

Ety, Tejo Dwi Cahyowati (2009) PENERAPAN JURNAL MATEMATIKA UNTUK MENDORONG KEMAMPUAN MEREFLEKSI DIRI SISWA SECARA TERTULIS. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7

[img]
Preview
Text
M_Pend_9_Ety Tejo DC.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana jurnal matematika yang dapat mendorong kemampuan siswa dalam merefleksi diri secara tertulis sebagai salah satu bentuk asesmen alternatif. Penelitian dilaksanakan pada semester gasal 2007/2008 dengan subjek penelitian 46 siswa kelas 8B SMP Laboratorium UM. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari enam siklus yang masing-masing mempunyai tahapan perencanaan (rencana pembelajaran, disain jurnal matematika, dan lembar observasi), implementasi tindakan, analisis,dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah jurnal matematika yang dapat mendorong kemampuan siswa dalam merefleksi diri secara tertulis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: asesmen alternatif, jurnal matematika, refleksi diri
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Mar 2015 02:24
Last Modified: 09 Mar 2019 07:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12268

Actions (login required)

View Item View Item