PENGUASAAN GURU-GURU SMP TERBUKA PADA MATERI PREDIKSI UN 2009

Edi, Prajitno (2009) PENGUASAAN GURU-GURU SMP TERBUKA PADA MATERI PREDIKSI UN 2009. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7

[img]
Preview
Text
M_Pend_7_Edi Prijitno.pdf

Download (40kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan materi prediksi UN SMP 2009 bagi guru-guru pamong murid SMP Terbuka. Penelitian dilakukan terhadap 70 guru Matematika SMP yang bertugas untuk memberikan tutorial kepada murid SMP Terbuka di provinsi-provinsi : Nangro Aceh Darussalam, Sumatera Barat, Lampung, Banten , Jawa Barat, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan Penelitian ini termasuk penelitian populasi karena dikenakan kepada semua guru-guru yang bertugas memberikan totorial kepada murid SMP Terbuka. Jumlah populasi sebanyak 60 guru terdiri dari 7 provinsi saat dilakukan pembinaan persiapan menghadapi UN 2009 yang dilaksanakan region Bandung dan region Surabaya Perhitungan dengan melihat persentase penguasaan materi prediksi UN . Hasilnya menunjukkan bahwa 14,93 % guru kurang menguasai masalah perhitungan jarak dan waktu, 11,94% kurang menguasai himpunan bagian, 17,91% kurang menguasai kesebangunan, 11,94% kurang menguasai kekongruenan, 14,93% kurang menguasai statistik, 19,407% kurang menguasai pertidaksamaan, 13,43 % kurang menguasai rumus fungsi, dan 14,93 % kurang mengetahui aplikasi unsur lingkaran

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: jarak dan waktu, himpunan bagian ,kesebangunan ,kekongruenan , rumus fungsi dan unsur lingkaran
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Mar 2015 02:25
Last Modified: 09 Mar 2019 07:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12264

Actions (login required)

View Item View Item