Alimuddin, - (2009) MENUMBUH KEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI TUGAS-TUGAS PEMECAHAN MASALAH. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7
|
Text
M_Pend_5_Alimuddin.pdf Download (96kB) | Preview |
Abstract
Penelitian tentang keterkaitan antara kemampuan berpikir kreatif dengan IQ banyak dilakukan oleh ahli psikologi. Hasil penelitian tersebut pada umumnya menemukan bahwa kemampuan berpikir kreatif anak tidak sepenuhnya ditentukan oleh IQ. Dengan kata lain kemampuan berpikir kreatif anak yang mempunyai IQ sedang dapat ditumbuh kembangkan melalui latihan yang tepat. Dalam menyikapi hal ini, pemerintah memberi perhatian yang besar yang ditandai dengan dimasukkannya kemampuan berpikir kreatif sebagai salah satu butir dari tujuan pendidikan nasional. Untuk mewujudkan tujuan ini, maka peranan guru sebagai salah satu faktor penentu tumbuh kembangnya kemampuan berpikir kreatif siswa di sekolah diharapkan dapat lebih inovatif dan variatif dalam menerapkan model, strategi, dan metode pembelajaran yang dapat memicu dan memacu tumbuh kembangnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Khususnya dalam memberikan tugas-tugas pemecahan masalah kepada siswa. Bagaimana bentuk tugas-tugas pemecahan masalah yang dapat memicu dan memacu tumbuh kembangnya kemampuan berpikir kreatif siswa? Pertanyaan inilah yang menjadi dasar pembahasan pada makalah ini yang dikhususkan pada mata pelajaran matematika
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir kreatif,pemecahan masalah, open-ended problem |
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 04 Mar 2015 02:24 |
Last Modified: | 09 Mar 2019 07:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12261 |
Actions (login required)
View Item |