EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL REALISTIK BERBASIS UNSUR LOKAL BERACUAN KURIKULUM 2006 PADA PENGUASAAN STANDAR MATERI

Agung, Hartoyo (2009) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL REALISTIK BERBASIS UNSUR LOKAL BERACUAN KURIKULUM 2006 PADA PENGUASAAN STANDAR MATERI. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7

[img]
Preview
Text
M_Pend_3_Agung Hartoyo.pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2006 mengamanatkan kepada guru agar memperhatikan kondisi alam, situasi sosial dan budaya serta kekayaan daerah untuk diber-dayakan dalam merancang pembelajaran matematika sedemikian sehingga para siswa dapat belajar sebagaimana ilmuwan menemukan pengetahuan dari masalah-masalah yang dihadapinya. Dalam penelitian ini, unsur-unsur lokal yang telah dikenali oleh siswa dikembangkan sebagai bahan pembelajaran matematika kontekstual realistik dan masalah-masalah matematika sehingga para siswa belajar sesuai dengan pengalamannya. Hasil penelitian percobaan pada siswa SMP di Pontianak ini menghasilkan Effect Size (ES) sebesar 0.6191 dalam kategori sedang. Besarnya sumbangan pembelajaran matemátika kon-tekstual-realistik pada kemampuan siswa ádalah sebesar 23,24 %.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, pembelajaran matemátika kontekstual-realistik, ES
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Mar 2015 02:24
Last Modified: 09 Mar 2019 07:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12260

Actions (login required)

View Item View Item