KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PETA KONSEP POHON JARINGAN PADA PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DI KELAS X SMA NEGERI 1 MOJOTENGAH KABUPATEN WONOSOBO

Ismi Septiana (2012) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PETA KONSEP POHON JARINGAN PADA PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DI KELAS X SMA NEGERI 1 MOJOTENGAH KABUPATEN WONOSOBO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ISMI_SEPTIANA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perbedaan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Mojotengah antara kelas yang menggunakan media peta konsep pohon jaringan dan yang tidak, (2) mendeskripsikan efektivitas penggunaan media peta konsep pohon jaringan dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Mojotengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini adalah, variabel bebas, yaitu media peta konsep pohon jaringan, dan variabel terikat, yaitu kemampuan menulis cerpen siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Mojotengah. Sampel penelitian adalah kelas XA dan XB. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis cerpen. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus koefisien alpha cronbach. Hasil perhitungan menunjukkan nilai reliabilitas 0,873 yang lebih besar dari nilai koefisien 0,6. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan skor hasil post-test dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada skor post-test menulis cerpen siswa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pada kelompok kontrol terdapat 7 siswa mendapat skor rendah, 15 siswa mendapat skor sedang, dan 12 siswa mendapat skor tinggi. Pada kelompok eksperimen tidak ada siswa yang mendapat skor rendah, 14 siswa mendapat skor sedang, dan 20 siswa mendapat skor tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis cerpen yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil uji-t skor pre-test dan post-test kelompok eksperimen menghasilkan thitung sebesar -8,656 dengan df 33 dan ttabel 1,697 pada taraf signifikansi 5%. Hal tersebut menunjukkan bahwa media peta konsep pohon jaringan efektif digunakan pada pembelajaran menulis cerpen karena nilai thitung < -ttabel (-8,656 < -1,697). Berdasarkan hasil tersebut, maka media peta konsep pohon jaringan efektif digunakan pada pembelajaran sastra di kelas X SMA Negeri 1 Mojotengah. Kata kunci: keefektifan, media peta konsep pohon jaringan, pembelajaran menulis cerpen.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Sastra Indonesia
Depositing User: Virga FBS
Date Deposited: 28 Jun 2012 08:01
Last Modified: 01 Feb 2019 01:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1226

Actions (login required)

View Item View Item