PENGUNAAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENGEMBANGKAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Drs. Abd., Qohar, MT. (2009) PENGUNAAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENGEMBANGKAN KOMUNIKASI MATEMATIS. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7

[img]
Preview
Text
M_Pend_2_Abd. Qohar.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

Dalam tulisan ini akan dibahas tentang reciprocal teaching dan peranannya dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Reciprocal teaching merupakan suatu pembelajaran di mana dalam pembelajaran tersebut diawali dengan membaca bahan bacaan yang disediakan, kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan empat strategi yaitu: merangkum bacaan, mengajukan pertanyaan, menjelaskan, dan memprediksi materi maupun permasalahan lanjutan. Dalam pembelajaran tersebut siswa secara bergantian berperan seolah-olah menjadi guru menggantikan peran guru untuk memimpin pembelajaran dalam kelompoknya, sedangkan guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing yang melakukan scaffolding. Komunikasi matematis sangat penting untuk dikembangkan karena diperlukan untuk memahami ide-ide matematika secara benar. Kemampuan komunikasi yang lemah akan berakibat pada lemahnya kemampuan-kemampuan matematika yang lain. Siswa yang punya kemampuan komunikasi matematis yang baik akan bisa membuat representasi yang beragam, hal ini akan lebih memudahkan dalam menemukan alternatif-alternatif penyelesaian yang berakibat pada meningkatnya kemampuan menyelesaikan permasalahan matematika. Kemampuan komunikasi matematis siswa bisa dikembangkan dengan berbagai cara, salah satunya dengan melakukan diskusi kelompok. Brenner (1998) menemukan bahwa pembentukan kelompok-kelompok kecil memudahkan pengembangan kemampuan komunikasi matematis. Reciprocal teaching yang merupakan model pembelajaran yang menekankan aspek komunikasi dalam kelompok sangat berperan dalam mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: reciprocal teaching, pembelajaran matematika, komunikasi matematis
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Mar 2015 02:24
Last Modified: 04 Mar 2015 02:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12258

Actions (login required)

View Item View Item