EFEK KEBERGANTUNGAN BUTIR LOKAL PADA VALIDITAS BUTIR MAUPUN TES DALAM TEORI RESPON BUTIR (STUDI PADA UJICOBA SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA)

Abadyo, - (2009) EFEK KEBERGANTUNGAN BUTIR LOKAL PADA VALIDITAS BUTIR MAUPUN TES DALAM TEORI RESPON BUTIR (STUDI PADA UJICOBA SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA). Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7

[img]
Preview
Text
M_Pend_1_Abadyo.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Salah satu asumsi dalam teori respon butir (TRB) yaitu respon-respon yang diberikan oleh peserta ujian pada butir-butir tes adalah bebas satu sama lain (Locally Independence). Akan tetapi, penelitian-penelitian sebelum ini telah menunjukkan bahwa banyak tes saat ini yang berisi kebergantungan butir lokal (Local Item Dependence). Apabila kebergantungan butir lokal ini tidak diperhitungkan dalam mengestimasi parameter-paramater butir, tes, maupun kemampuan peserta tes akan menyebabkan kesesatan dalam estimasi itu. Dalam kajian ini, penulis (a) mereviu metode-metode untuk mendeteksi kebergantungan butir lokal (KBL), (b) mendiskusikan penggunaan testlets untuk memperhitungkan adanya KBL dalam kontek himpunan-pimpunan butir yang bergantungan, dan (c) mengevaluasi hasil-hasil estimasi kemampuan peserta tes dan reliabilitas skor tes. Hasil kajian ini memberi peringatan bahwa kehadiran KBL akan memberi pengaruh yang kuat pada estimasi kemampuan peserta tes. Secara praktis, efek-efek dari kehadiran KBL didiskusikan pada tes-tes berdasar bagian (sub-tes) dengan menggunakan teori respon butir (TRB).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kebergantungan butir local, validitas, reliabilitas, sub-tes.
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Mar 2015 02:25
Last Modified: 04 Mar 2015 02:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12256

Actions (login required)

View Item View Item