KEEFEKTIFAN MEDIA KOMIK TANPA TEKS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DONGENG PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WATES

Galuh Cita Sagami (2012) KEEFEKTIFAN MEDIA KOMIK TANPA TEKS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DONGENG PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WATES. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Galuh_Cita_Sagami.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis dongeng siswa dengan menggunakan media komik tanpa teks dan tanpa menggunakan media komik tanpa teks. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji keefektifan penggunaan media komik tanpa teks dalam pembelajaran menulis dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wates. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh kelas VII C sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 29 siswa dan kelas VII E sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, yaitu prates dan pascates. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstruk (expert judgement). Expert judgement dalam penelitian ini adalah Dr. Maman Suryaman, M.Pd. dan Yayuk Eny Rahayu, M.Hum., serta Sri Wahyuni, S.Pd. selaku guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Wates. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang menunjukkan bahwa instrumen tersebut reliabel, yaitu diperoleh r = 0,725 untuk tes isian singkat dan r = 0,714 untuk esai menulis dongeng. Analisis data diadakan setelah melakukan uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa skor prates dan pascates berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dan gain skor. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan kemampuan menulis dongeng siswa yang menggunakan media komik tanpa teks dan kemampuan menulis dongeng siswa tanpa menggunakan media komik tanpa teks. Perbedaan tersebut ditunjukkan dengan hasil Uji-t yang dilakukan dengan bantuan program SPSS 15.0. Uji-t skor pascates kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan t hitung adalah 3,701 dengan db = 57, dan nilai p = 0,000 ( p = 0,000 < 0, 050). Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa pembelajaran menulis dongeng dengan menggunakan media komik tanpa teks lebih efektif dibanding dengan pembelajaran menulis dongeng tanpa menggunakan media komik tanpa teks. Keefektifan penggunaan media komik tanpa teks dapat dilihat dari Uji-t kenaikan skor kedua kelompok dan gain skor dari masing-masing kelompok. Hasil Uji-t kenaikan skor keterampilan menulis dongeng kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menghasilkan t hitung = 3,132 dengan df 57, dan nilai p sebesar 0,003. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (p = 0,003 < 0,05). Gain skor kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol, yakni sebesar 10,20.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Virga FBS
Date Deposited: 28 Jun 2012 07:55
Last Modified: 01 Feb 2019 01:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1224

Actions (login required)

View Item View Item