PENINGKATAN KETERAMPILAN BERDISKUSI MELALUI STRATEGI PERTUKARAN KUARTET MEMUTAR (ROTATING QUARTET EXCHANGE) PADA SISWA KELAS X5 SMA NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO

Fitri Purmiasari (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERDISKUSI MELALUI STRATEGI PERTUKARAN KUARTET MEMUTAR (ROTATING QUARTET EXCHANGE) PADA SISWA KELAS X5 SMA NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Fitri_Purmiasari.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan diskusi siswa kelas X5 SMA Negeri I Pengasih dengan menggunakan strategi pertukaran kuartet memutar (rotating quartet exchange). Peningkatan dapat dilihat secara proses maupun produk dengan menggunakan strategi pertukaran kuartet memutar (rotating quartet exchange). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan di SMA Negeri I Pengasih. Subjek Penelitian adalah siswa kelas X5 yang terdiri dari 32 siswa. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, tes keterampilan berdiskusi, catatan lapangan. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, catatan lapangan, dan lembar penilaian keterampilan diskusi siswa. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas demokratik, validitas proses, validitas dialogis, dan validitas hasil. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan strategi pertukaran kuartet memutar (rotating quartet exchange) dalam pengajaran dapat meningkatkan keterampilan berdiskusi siswa kelas X5 SMA Negeri I Pengasih. Peningkatan tersebut tampak dari kualitas proses pembelajaran yang ditunjukkan oleh semangat belajar, perhatian siswa terhadap pembelajaran, keaktifan siswa, proses belajar, dan kesempatan berbicara. Selain itu, peningkatan secara produk dapat dilihat dari skor rata-rata kelas keterampilan diskusi dari pratindakan sampai siklus III. Pada pratindakan, skor rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 9,16, meningkat menjadi 14,55 pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 18,37, dan pada siklus III skor yang diperoleh sebesar 20,66. Kenaikan skor rata-rata dari tes pratindakan hingga siklus III sebesar 11,50.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Virga FBS
Date Deposited: 28 Jun 2012 07:54
Last Modified: 01 Feb 2019 01:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1223

Actions (login required)

View Item View Item