KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA WALL CHART (BAGAN DINDING) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA N EGERI 1 SEYEGAN SLEMAN

Erlin Noviyanti Prihastuti, - (2012) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA WALL CHART (BAGAN DINDING) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA N EGERI 1 SEYEGAN SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Erlyn_NP.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: (1) perbedaan keterampilan menulis karangan argumentasi antara kelompok yang diberi pembelajaran dengan menggunakan media wall chart dan kelompok yang diberi pembelajaran menulis karangan argumentasi tanpa menggunakan media wall chart, dan (2) keefektifan penggunaan media wall chart dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Seyegan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Control Group Pretest Postest Design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa media Wall Chart dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis karangan argumentasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XA, XB, XC, XD, XE, dan XF dengan jumlah 216 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Berdasarkan hasil undian, ditetapkan bahwa kelas XC dengan jumlah 36 siswa merupakan kelompok eksperimen dan kelas XE dengan jumlah 36 siswa merupakan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, yaitu berupa esai menulis karangan argumentasi. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varian data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t dan uji scheffe pada taraf siginifikansi 5% dan db 70. Hasil penghitungan uji-t menunjukkan skor bahwa t hitung lebih besar dari t tabel (th: 4,711>tt: 1,980) pada taraf signifikansi 5% dan db 70. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan menulis karangan argumentasi yang signifikan antara kelompok yang yang diberi pembelajaran dengan menggunakan media wall chart dan kelompok yang diberi pembelajaran tanpa menggunakan media wall chart. Hasil penghitungan uji scheffe menunjukkan F’hitung lebih besar dari F’tabel (Fh : 22,194>Ft: 3,98) dengan db 70 dan pada taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis karangan argumentasi dengan menggunakan media wall chart lebih efektif daripada pembelajaran menulis karangan argumentasi tanpa menggunakan media wall chart pada kelompok kontrol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media wall chart dapat meningkatkan kemampuan menulis khususnya menulis karangan argumentasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Virga FBS
Date Deposited: 28 Jun 2012 07:46
Last Modified: 01 Feb 2019 01:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1219

Actions (login required)

View Item View Item