ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KOMBINASI ATRIBUT PRODUK NOTEBOOK DENGAN PENDEKATAN METODE ANALISIS CONJOINT (Studi Kasus di Jurusan Teknik Informatika Universitas Islam Indonesia)

Agus, Priyono and Edy, Widodo (2009) ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KOMBINASI ATRIBUT PRODUK NOTEBOOK DENGAN PENDEKATAN METODE ANALISIS CONJOINT (Studi Kasus di Jurusan Teknik Informatika Universitas Islam Indonesia). Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7

[img]
Preview
Text
M_Stat_1_Agus P.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Perkembangan bidang teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat dan selalu menuntut manusia untuk dapat mengikutinya. Notebook merupakan salah satu produk yang sangat populer di bidang teknologi, karena memiliki spesifikasi yang lengkap dan mudah untuk dibawa ketika bepergian. Namun untuk mendapatkan produk notebook konsumen tidak dapat memilih sesuai dengan keinginannya, karena spesifikasi notebook sudah ditentukan oleh produsen. Oleh karena itu, pendekatan terhadap konsumen menjadi syarat yang penting agar produk dapat diterima oleh konsumen. Untuk mengetahui tentang preferensi dari konsumen tersebut dapat menggunakan metode Analisis Conjoint. Metode Analisis Conjoint pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sebenarnya produk notebook yang paling diminati oleh konsumen dengan cara mengangkat atribut faktor dan subfaktor yang dianggap penting oleh konsumen dalam memilih sebuah produk notebook. Dengan Analisis Conjoint pada penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa kombinasi produk notebook kelas middle-end yang sesuai dengan selera konsumen adalah produk notebook dengan harga Rp. 5,00 juta – Rp. 5,50 juta, mempunyai merek HP, memiliki daya tahan baterai 4 jam, kapasitas hard disk 80GB, memakai processor Intel, menggunakan memory (RAM) 512MB dan. sistem operasi memakai windows.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Notebook, Middle-end, Preferensi, Analisis Conjoint
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Mar 2015 02:24
Last Modified: 04 Mar 2015 02:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12175

Actions (login required)

View Item View Item