TEKNIK-TEKNIK ASESMEN YANG DIKEMBANGKAN DALAM PENDIDIKAN GURU BIOLOGI

Dr. Ana Ratna Wulan, M.Pd. TEKNIK-TEKNIK ASESMEN YANG DIKEMBANGKAN DALAM PENDIDIKAN GURU BIOLOGI. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7

[img]
Preview
Text
Bio_Ana Ratna Wulan, _Dr.M.Pd1_, UPI.pdf

Download (177kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang teknik-teknik asesmen yang dikembangkan dalam pendidikan guru biologi. Penelitian ini dilatarbelakangi atas pentingnya asesmen di LPTK sebagai model asesmen bagi calon guru. Studi deskriptif dilakukan di salah satu universitas pendidikan di Indonesia melalui wawancara dengan mahasiswa, angket, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan dengan bantuan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik asesmen yang paling banyak dikembangkan dalam matakuliah di LPTK adalah tes essay, penilaian tugas, serta kombinasi tes selected response dan essay. Asesmen kinerja dikembangkan pada sebagian (50 %) matakuliah kependidikan. Penilaian tugas pada umumnya belum memiliki rubric penilaian. Terdapat sebagian kecil matakuliah (8%) yang telah mengembangkan tes performance dalam menilai kemampuan praktikum mahasiswa. Beberapa matakuliah dapat menjadi model asesmen yang otentikbagi calon guru biologi. Kata kunci : teknik asesmen, pendidikan guru biologi

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: teknik asesmen, pendidikan guru biologi
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 25 Feb 2015 00:55
Last Modified: 05 Mar 2019 04:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12164

Actions (login required)

View Item View Item