UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP SIKLUS HIDUP TUMBUHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MENGGUNAKAN eSCenDol

Trisni, Atmawati (2009) UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP SIKLUS HIDUP TUMBUHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MENGGUNAKAN eSCenDol. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7

[img]
Preview
Text
Bio_Trisni A SMAN3 Purworejo.pdf

Download (145kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan siswa pada konsep siklus hidup tumbuhan melalui model pembelajaran kooperatif menggunakan eSCenDol (Slide presentasi, Catatan bimbingan dan Diskusi pasangan belajar). Tujuan lain penelitian ini adalah untuk meningkatkan perhatian dan keaktifan siswa serta kemampuan dasar guru dalam pembelajaran. Pembelajaran dimulai dengan penyampaian materi menggunakan media slide presentasi dan catatan bimbingan, dilanjutkan diskusi dengan pasangan belajar untuk menguatkan konsep yang telah didapat dari guru. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X-1 SMA N 3 Purworejo. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis & Mc Taggart dan terdiri dari tiga siklus yang dilaksanakan selama satu bulan.. Guru dan siswa kelas X-1 sebagai subyek penelitian, dan guru lain sebagai observer. Pengambilan data menggunakan metode observasi. Aspek yang diamati meliputi (1)Perhatian dan keaktifan siswa dalam pembelajaran, (2) kemampuan dasar guru dalam pembelajaran, (3) penguasaan konsep siswa,, dan (4) temuan-temuan lain. Hasil refleksi tiap siklus digunakan sebagai bahan perencanaan tindakan siklus berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan eSCenDol dapat meningkatkan perhatian dan keaktifan siswa yaitu ratarata 3.00 pada siklus I, 3.33 pada siklus II dan 3.83 pada siklus III. Ketrampilan mengajar guru juga meningkat, yaitu dari rata-rata 3.11 pada siklus I , 3.26 pada siklus II, dan 3.63 pada siklus III. Peningkatan juga terjadi pada penguasaan konsep siswa kelas X-1 SMA N 3 Purworejo semester genap Tahun Pelajaran 2007/2008, yaitu pada siklus I 80,56% siswa dapat lulus KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), pada siklus II 83.33% dan pada siklus III 88.89%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif, eSCenDol, slide presentasi, catatan bimbingan, diskusi pasangan belajar
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 25 Feb 2015 00:11
Last Modified: 05 Mar 2019 04:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12147

Actions (login required)

View Item View Item