Sri, Anggraeni (2009) SUDAHKAH CALON GURU BIOLOGI MERENCANAKAN PEMBELAJARAN BIOLOGI YANG SESUAI DENGAN HAKEKAT SAINS ? Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7
|
Text
Bio_Sri Anggraeni UPI.pdf Download (839kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan calon guru biologi dalam merencanakan pembelajaran biologi yang sesuai hakekat sains pada saat melaksanakan Program Latihan Profesi. Sebanyak 25 RPP mahasiswa yang diambil secara random diteliti dan dinilai dengan menggunakan pedoman penilaian kinerja guru menurut Samani, dkk, (2006) yang telah mengalami sedikit modifikasi. Hasilnya menunjukkan bahwa kemampuan merumuskan tujuan pembelajaran secara struktur sudah baik namun isi masih lemah terutama dalam memilih kata kerja operasional yang mengarah pada kegiatan proses sains dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Tujuan pembelajaran masih terfokus pada penguasaan konsep. Pemilihan materi lebih bersifat teoritis, minim dalam memilih materi yang kontekstual dan contoh-contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari. Cukup pintar memilih media pembelajaran yang murah dan mudah didapat, namun masih jarang menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi. Kemudian mahasiswa juga terlihat kurang kreatif membuat atau memodifikasi media. Pada umumnya media pembelajaran yang paling banyak dipakai ialah buku atau Lembar Kerja Siswa non eksperimental yang berisi materi dan pertanyaan yang tertutup. Metoda dan strategi pembelajaran yang dipilih pada umumnya bersifat ceramah, dominansi guru menonjol, sedikit sekali kegiatan yang mengajak siswa merumuskan hipotesis, bereksperimen, mengumpulkan data, menganalisis, menginterpretasi data, dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti. Penilaian umumnya masih konvensional, secara tertulis atau lisan dalam hal penguasaan konsep dengan ranah kognitif tingkat pemahaman. Dari hasil analisis rencana pembelajaran ini nampak bahwa calon guru biologi lebih menekankan pada penguasaan fakta dan konsep biologi serta kurang terlatih merencanakan pembelajaran biologi yang sesuai dengan hakekat sains. yaitu pembelajaran mengarah pada penggunaan proses sains dan pemecahan masalah untuk menemukan konsep-konsep ilmiah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | rencana pembelajaran, hakekat sains. |
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 24 Feb 2015 08:15 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 04:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12134 |
Actions (login required)
View Item |