PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INVESTIGASI KELOMPOK DAN PENGAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA.

Raharjo, - (2009) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INVESTIGASI KELOMPOK DAN PENGAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7

[img]
Preview
Text
Bio_Raharjo UNESA.pdf

Download (191kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe investigasi kelompok dan Pengajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Candi, SMPN 3 Sidoarjo, SMPN 1 Porong, SMPN 2 Tanggulangin, SMPN 1 Jabon dan SMPN 2 Buduran. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) Tidak ada perbedaan hasil belajar kognitif pada setiap pokok bahasan yang telah dipelajari oleh siswa. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Investigasi kelompok dengan Pengajaran berdasarkan masalah. (3)Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif sebagai pengaruh dari interaksi antara kategori sekolah dengan jenis pokok bahasan yang dipelajari siswa.(4) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa sebagai pengaruh dari interaksi antara jenis model pembelajaran dengan jenis pokok bahasan yang dipelajari siswa.(5) Terdapat kecenderungan bahwa pada beberapa pokok bahasan hasil belajar kognitif siswa yang belajar dengan model kooperatif investigasi kelompok lebih baik daripada model pengajaran berdasarkan masalah. (6) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif sebagai akibat interaksi antara kategori sekolah dengan jenis model pembelajaran, dan (7) terdapat perbedaan hasil belajar kognitif sebagai akibat interaksi diatara 3 faktor: jenis model pembelajaran, kategorisasi sekoah, dan jenis pokok bahasan yang dipelajari siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: investigasi kelompok, pengajaran berdasarkan masalah, hasil belajar kognitif
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 24 Feb 2015 08:10
Last Modified: 05 Mar 2019 04:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12129

Actions (login required)

View Item View Item