MENGAKOMODASI BIOETIKA DALAM KURIKULUM BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI PROGRAM SARJANA

Paidi, - (2009) MENGAKOMODASI BIOETIKA DALAM KURIKULUM BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI PROGRAM SARJANA. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7

[img]
Preview
Text
Bio_Paidi UNY.pdf

Download (205kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Dalam era pembenahan kurikulum perguruan tinggi di Indonesia, termasuk di Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY saat ini, di tengah-tengah merebaknya berbagai isu lingkungan, polusi, malpraktik tenaga medis, kontaminasi dan malfungsi berbagai bahan pangan imitasi, serta epidemi penyakit baru, maka pengakomodasian bioetika dalam kurikulum di Jurusan ini menjadi sangat urgen. Isu-isu ini ada kaitannya dengan bioetika, sebagai dampak perkembangan penelitian biologi dan bioteknologi dan atau merupakan penyalahgunaan penerapan hasil-hasil penelitian bidang-bidang ini. Namun demikian, banyaknya materi, ide, pemikiran, yang harus diakomodasi dalam kurikulum, mengakibatkan sulitnya menambahkan nomen baru mata kuliah. Terlebih, selama ini, bioetika belum pernah tercantum sebagai matakuliah pada kurikulum program sarjana biologi dan atau pendidikan biologi. Oleh karenanya, mengingat urgensi bioetika bagi calon sarjana biologi dan pendidikan biologi, perlu dicari alternatif langkah untuk mengakomodasi bioetika, misalnya sebagai topik atau isu yang dikembangkan dalam silabus atau kegiatan perkuliahan. Kajian kritis atas sebuah artikel berjudul Ethical, Legal, and Social Issues in the Undergraduate Biology Curriculum, dengan author: Thomas J. Lindell & Gavin J. Milczarek (University of Arizona), memberikan dasar rasional dan empiris bagi perlunya bioetika diakomodasi dalam kurikulum biologi dan pendidikan biologi. Beberapa contoh pengakomodasian bioetika dalam kurikulum atau dalam kegiatan perkuliahan di beberapa universitas, dapat dijadikan referensi tambahan dalam maksud yang sama di Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY. Tinjauan metodologis-pedagogik untuk perkuliahan dengan materi kontekstual dan problematis, menjadi alternatif contoh dalam upaya pengimplementasian bioetika pada perkuliahan di Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: bioetika, kurikulum biologi
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 24 Feb 2015 08:07
Last Modified: 05 Mar 2019 04:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12126

Actions (login required)

View Item View Item