Muji, Sri Prastiwi, S.Pd., M.Pd. (2009) IMPLIKASI EVALUASI PROSES KULIAH EVOLUSI MANUSIA PADA DOMAIN AFEKTIF MAHASISWA. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7
|
Text
Bio_Muji Prastiwi, UNESA.pdf Download (193kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengungkap domain afektif mahasiswa bila diajak belajar dengan pendekatan pembelajaran konstruktivis pada materi evolusi manusia. Pengungkapan implikasi psikologis dan motivasi mahasiswa yang dideteksi adalah nurturant effects dan bukan efek instruksionalnya. Pendekatan pembelajaran konstruktivis diwujudkan dengan student center activities, antara lain kerja langsung (inkuiri, proyek, dan kerja lapangan), kegiatan kelompok (diskusi, debat), belajar kooperatif, kegiatan mandiri meliputi menulis, membaca, berbicara, menjelaskan konsep dan analisa data. Kegiatan yang lain adalah teacher center activities, meliputi ceramah dengan demonstrasi. Peneliti secara kualitatif dan kuantitatif merekam keaktifan, reaksi verbal, motivasi, semangat, keengganan, penolakan, dan penerimaan siswa terhadap kegiatan belajar mengajar evolusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada implikasi afektif mahasiswa selama kegiatan pembelajaran, yaitu adanya perubahan sikap mahasiswa dari tingkat penerimaan ketingkat peresponan dan peningkatan motivasi belajar mahasiswa dalam perkuliahan evolusi manusia.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Evaluasi Proses, Domain Afektif, Pembelajaran Konstruktivis |
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 24 Feb 2015 05:16 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 04:21 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12122 |
Actions (login required)
View Item |