KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN GAMBAR BERTEMA ALAM DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 20 PURWOREJO

Suhartiningsih, Dewi (2012) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN GAMBAR BERTEMA ALAM DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 20 PURWOREJO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
DEWI_S.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul ”Keefektifan Penggunaan Gambar Bertema Alam Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Purworejo” bertujuan untuk mengetahui keefektifan media gambar alam dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Purworejo. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara pembelajaran menulis puisi siswa dengan menggunakan gambar bertema alam dan pembelajaran menulis puisi siswa tanpa menggunakan gambar bertema alam. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Purworejo sebanyak 152 siswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling atau pengambilan sampel secara acak sederhana. Berdasarkan pengambilan sampel dengan teknik tersebut diperoleh dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yaitu pre-test dan post-test menulis puisi. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah soal tes esai menulis puisi. Uji validitas instrumen dilakukan dengan berkonsultasi dengan ahlinya (Expert Judgment), sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Uji-t dengan memperhatikan syarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan skor post-test kemampuan menulis puisi siswa kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Hal ini terbukti dari hasil uji-t skor post-test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diketahui nilai thitung sebesar -4,852 dengan df 60 pada signifikasnsi 5% diperoleh nilai ttabel 2,000. Hasil tersebut menunjukkan Nilai th:-4,852<-ttb:-2,000 pada signifikasni 5%) yang berarti ada perbedaan kemampuan menulis puisi antara siswa kelompok eksperimen dengan siswa kelompok kontrol. Selanjutnya untuk hasil uji-t skor pre-test dan post-test eksperimen diketahui nilai thitung sebesar -3,848 dengan df 30 pada signifikansi 5% diperoleh nilai ttabel 2,042. Hasil tersebut menunjukkan nilai th:-3,848<-ttb: -2,042 pada signifikansi 5% yang berarti pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan gambar bertema alam lebih efektif dibandingkan pembelajaran menulis puisi tanpa menggunakan gambar bertema alam. Kata kunci: Keefektifan, Media Gambar Alam, Kemampuan Menulis Puisi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Sastra Indonesia
Depositing User: Virga FBS
Date Deposited: 28 Jun 2012 07:24
Last Modified: 31 Jan 2019 13:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1212

Actions (login required)

View Item View Item