KEMAMPUAN CALON GURU BIOLOGI DALAM MENYUSUN RUBRIK ANALITIS PADA ASESMEN KINERJA PEMBELAJARAN

Ana, Ratna Wulan (2009) KEMAMPUAN CALON GURU BIOLOGI DALAM MENYUSUN RUBRIK ANALITIS PADA ASESMEN KINERJA PEMBELAJARAN. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7

[img]
Preview
Text
Bio_Ana Ratna Wulan, _Dr, M.Pd2_, UPI.pdf

Download (173kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Studi deskriptif telah dilakukan di Jurusan Pendidikan Biologi untuk mengkaji kemampuan calon guru dalam menyusun rubrik analitis pada penilaian kinerja. Pengumpulan data dilakukan pula melalui studi dokumentasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian (12,50%) calon guru menggunakan penilaian kinerja dalam rencana pelajaran yang mereka buat. Kemampuan calon guru dalam menyusun rubrik analitis masih sangat kurang. Para calon guru masih mengalami kesulitan dalam memadukan konten dan proses biologi ke dalam standar kriteria (73 %). Pada umumnya calon guru masih kesulitan dalam menentukan kriteria untuk rubrik analitis (62%). Sebagian besar calon guru (87%) menyatakan bahwa penyusunan rubrik analitis lebih sulit bila dibandingkan rubrik holistik. Pada umumnya para calon guru tidak mengalami kesulitan dalam menyusun rubrik holistik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Rubrik analitis, asesmen kinerja, calon guru biologi
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 24 Feb 2015 05:16
Last Modified: 05 Mar 2019 04:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12119

Actions (login required)

View Item View Item