ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENERIMAAN PENGGUNAAN QUIPPERSCHOOL.COM DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (TPB) DI SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA

Lisa Noor, Ardhiani (2015) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENERIMAAN PENGGUNAAN QUIPPERSCHOOL.COM DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (TPB) DI SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Abstrak_10520241012.docx

Download (18kB)

Abstract

Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB) merupakan teori penerimaan teknologi yang digunakan dalam penelitian ini. Terdapat enam konstruk yang digunakan dan merupakan gabungan dari konstruk-konstruk asli yang terdapat dalam TAM dan TPB. Keenam konstruk tersebut adalah kemudahan pengguna persepsian (perceived ease of use/PEOU), kegunaan persepsian (perceived usefulness/PU), sikap terhadap penggunaan teknologi (attitude towards using technology/ATU), norma subyektif (subjective norm/SN), kontrol perilaku persepsian (perceived behavior control/PBC), dan minat perilaku menggunakan teknologi (behavioral intention to use/BIUS). Model gabungan ini selanjutnya digunakan untuk meneliti quipperschool.com yang merupakan teknologi e-learning yang digunakan di SMA N 7 Yogyakarta. Penelitian ini selanjutnya akan menjelaskan tentang hubungan antar faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan dan penggunaan quipperschool.com di SMA N 7 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan teknik analisis data menggunakan pendekatan PLS. Data diperoleh dari responden yang merupakan siswa SMA N 7 Yogyakarta kelas XI dengan menyebarkan kuesioner tertutup. Terdapat 72 sampel penelitian yang dianalisis menggunakan metode PLS dengan software smartPLS. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Konstruk PEOU mempengaruhi konstruk PU; (2) Konstruk PU mempengaruhi konstruk ATU; (3) Konstruk PEOU tidak memiliki pengaruh terhadap konstruk ATU; (4) Konstruk PU tidak memiliki pengaruh terhadap konstruk BIUS; (5) Konstruk ATU mempengaruhi konstruk BIUS; (6) Konstruk SN tidak memiliki pengaruh terhadap konstruk BIUS; dan (7) Konstruk PBC mempengaruhi konstruk BIUS. Selain itu koefisien variabel laten PU terhadap ATU memiliki nilai paling besar diantara nilai koefisien variabel laten pada model hubungan antar konstruk lainnya. Kata Kunci : Technology Acceptance Model (TAM), Theory of Planned Behavior (TPB), quipperschool.com, dan Partial Least Square (PLS)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 23 Feb 2015 07:08
Last Modified: 29 Jan 2019 18:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12110

Actions (login required)

View Item View Item