UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Sungging Nanda, Pratama (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia 10520244078.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran pembelajaran kooperatig tipe Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X RPL 2 SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik di kelas RPL 2 semester ganjil tahun akademik 2014/2015 yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap akhir siklus dilakukan evaluasi hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunaan lembar pengamatan peran aktif siswa, lembar catatan lapangan, tes prestasi belajar, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan aktiiftas belahar dan hasil belajar siswa kelas X RPL 2 pada mata pelajaran perakitan komputer di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan aktifitas belajar pada setiap siklusnya, pada pertemuan pertama siklus I rata-rata aktifitas siswa sebesar 45,1%. Presentase tersebut meningkat pada pertemuan kedua siklus I menjadi 50%. Rata-rata presentase aktifitas siswa pada siklus I sebesar 47,5%. Pada pertemuan pertama siklus II, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 62,9%. Pada pertemuan kedua siklus II persentase aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 68,5%. Rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pada siklus II yaitu sebesar 65,7%. Selain itu hasil belajar siswa juga meningkat pada setiap siklusnya. Pada nilai awal sebelum dilakukan tindakan jumlah siswa yang tuntas sebesar 29% dengan nilai rata-rata 61,1, pada akhir siklus I jumlah siswa yang tuntas sebesar 61,2% dengan nilai rata-rata 74,3. pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebesar 80,6 dengan nilai rata-rata 80,5. Kata kunci : Think Pair Share (TPS), hasil belajar, perakitan komputer

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 23 Feb 2015 06:57
Last Modified: 29 Jan 2019 18:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12109

Actions (login required)

View Item View Item