PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN MULTIMEDIA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF SISWA TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK NEGERI 1 MAGELANG

Sigit Priyo, Adhi (2015) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN MULTIMEDIA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF SISWA TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK NEGERI 1 MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak (Indonesia).pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pemanfaatan perpustakaan multimedia terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Magelang, (2) pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Magelang, (3) pengaruh pemanfaatan perpustakaan multimedia dan minat belajar secara bersama – sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah semua siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Magelang tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 175 siswa. Ukuran sampel penelitian sebanyak 125 siswa ditentukan dengan tabel Krejcie dan Morgan dengan n = 175 dan alfa 5%. Sampel setiap kelas ditentukan dengan teknik proportional stratified random sampling. Hasil uji validitas instrumen menggunakan analisis Product Moment, dan uji reliabilitas dengan koefisien Alpha. Metode untuk menganalisis data dengan regresi sederhana dan regresi ganda dua prediktor. Sebelum menganalisis data dilakukan pengujian perasyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pemanfaatan perpustakaan multimedia terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Magelang dibuktikan dengan rx1y = 0,409, r2 x1y = 0,371, thitung = 4,969 dan pengaruh sebesar 23,98%, terdapat pengaruh signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Magelang dibuktikan dengan rx2y = 0,317, r2 x2y = 0,137, thitung = 4,428 dan pengaruh sebesar 19,33%,dan terdapat pengaruh signifikan pemanfaatan perpustakaan multimedia dan minat belajar secara bersama – sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Magelang dibuktikan dengan ry(1,2) = 0,487, r2 y(1,2) = 0,237, Fhitung = 18,967 dan pengaruh sebesar 43,31%. Kata kunci : perpustakaan multimedia, minat belajar, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 18 Feb 2015 03:47
Last Modified: 29 Jan 2019 18:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12107

Actions (login required)

View Item View Item