Peningkatan Efektivitas Pembelajaran IPA Melalui Kegiatan Lesson Study Di SMP PGRI Kasihan Bantul

Esti, Zuliyani (2007) Peningkatan Efektivitas Pembelajaran IPA Melalui Kegiatan Lesson Study Di SMP PGRI Kasihan Bantul. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2007. ISSN 978-979-99314-2-9

[img]
Preview
Text
3_Esti_Zuliyani.pdf

Download (72kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat kegiatan lesson study dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran IPA pada siswa kelas VII SMP PGRI Kasihan Bantul Tahun Pelajaran 2007/2008. Kegiatan lesson study ini dilaksanakan oleh guru-guru IPA se kecamatan Kasihan , Sedayu dan Pajangan yang mencakup 3 ( tiga ) tahap kegiatan, yaitu perencanaan ( plan ), Pelaksanaan pembelajaran ( do ) dan observasi serta refleksi ( see ) terhadap perencanaan dan implementasi pembelajaran tersebut. Tahap perencanaan dilaksanakan di SMP 3 Kasihan pada tanggal 2 Juni 2007 sedangkan tahap pelaksanaan atau implementasi pembelajaran dilaksanakan oleh guru model di SMP PGRI Kasihan pada tanggal 4 Agustus 2007. Kegiatan ini dilaksanakan di kelas VII dengan materi Asam, Basa dan Garam. Model pembelajaran Direct Instruction ( DI ) dan Cooperatif Learning ( CL ) dengan metode Eksperimen/pengamatan dan diskusi. Berdasarkan hasil observasi di kelas diketahui, bahwa: performance guru model bagus, tampak perencanaan pembelajaran yang matang, siswa antusias dalam melaksanakan pembelajaran, meskipun setiap kelompok ada satu atau dua siswa yang belum aktif.Dari hasil post tes,tampak siswa dapat menjawab pertanyaan –pertanyaan yang diajukan guru hal ini menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran tercapai.Sementara itu observer juga dapat melaksanakan tugas sesuai dengan rambu–rambu pelaksanaan lesson study sehingga tidak mengganggu kegiatan pembelajaran. Dari hasil pengamatan tampak manfaat kegiatan lesson study ini bagi guru-guru IPA se kecamatan Kasihan, Sedayu dan Pajangan, antara lain : memperbaiki praktek pembelajaran di kelas, meningkatkan kolaborasi antar sesama guru dalam pembelajaran, memperdalam pengetahuan guru karena dapat berkonsultasi kepada pakar dalam hal pembelajaran maupun materi pelajaran, sehingga tercipta efektivitas pembelajaran. Kata kunci: Lesson study , Pembelajaran IPA.

Item Type: Article
Additional Information: SMP Negeri 2 Kasihan Bantul
Uncontrolled Keywords: Lesson study, Pembelajaran IPA
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2007
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 24 Feb 2015 03:27
Last Modified: 24 Feb 2015 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12103

Actions (login required)

View Item View Item