PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERSUASI DENGAN MEDIA IKLAN ADVERTORIAL PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PREMBUN

Ambarwati, Dewi (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERSUASI DENGAN MEDIA IKLAN ADVERTORIAL PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PREMBUN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Dewi_Ambarwati.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya tingkat keterampilan menulis persuasi siswa. Upaya yang dilakukan untuk meningkatan keterampilan menulis persuasi dari segi proses dan produk yaitu dengan menggunakan media iklan advertorial pada siswa kelas X5 SMA Negeri 1 Prembun. Media iklan advertorial merupakan media yang menarik dan dapat menggugah minat siswa dalam pembelajaran menulis persuasi dan membantu siswa agar responsif dan gairah dalam menulis persuasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMA Negeri 1 Prembun. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X5 yang terdiri atas 37 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing ), dan refleksi (reflecting). Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Prembun. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi yang menggunakan lembar pengamatan dancatatan lapangan, angket, wawancara, tes penilaian keterampilan menulis dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilihat dari analisis data proses dan analisis data produk. Keabsahan data diperoleh melalui validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis persuasi dengan media iklan advertorial dapat meningkatkan keterampilan menulis persuasi siswa kelas X5 SMA Negeri 1 Prembun. Peningkatan keterampilan menulis persuasi siswa tampak pada kualitas proses pembelajaran yang dapat dilihat pada pelaksanaan proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan menarik dan menyenangkan. Hal tersebut dapat dilihat pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa sangat antusias mengikuti proses pembelajaran dikelas. Selain itu, peningkatan proses dapat dilihat dari peran aktif siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan terjadi peran minat siswa terhadap pembelajaran menulis persuasi dengan media iklan advertorial. Peningkatan proses pada akhirnya berdampak positif pada peningkatan produk. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari peningkatan skor tulisan persuasi siswa dari hasil pratindakan sampai siklus II. Rata-rata skor pada saat pratindakan sebesar 64,4, rata-rata skor pada siklus I sebesar 71,2, dan rata-rata pada siklus II sebesar 83,2. Kenaikan skor rata-rata mulai dari pratindakan hingga siklus II adalah sebesar 18,8 atau 22,6 %. Secara keseluruhan semua aspek dari kriteria penilaian menulis persuasi mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yaitu dari aspek isi, organisasi, mekanik, penggunaan bahasa dan kosakata, terutama dari segi si, penggunaan bahasa dan mekanik. Penggunaan media iklan advertorial dalam pembelajaran menulis persuasi ini memudahkan siswa dalam memahami materi menulis persuasi yang disampaikan guru dan memotivasi siswa lebih mudah mengembangkan ide atau gagasannya dan kerangka berpikir siswa terarah sehingga keterampilan menulis persuasi siswa meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Virga FBS
Date Deposited: 28 Jun 2012 06:58
Last Modified: 31 Jan 2019 13:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1209

Actions (login required)

View Item View Item