Usaha Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mata Kuliah Matematika Sekolah Melalui Umpan Balik

Kusrini, (2007) Usaha Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mata Kuliah Matematika Sekolah Melalui Umpan Balik. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2007. ISSN 978-979-99314-2-9

[img]
Preview
Text
PM-2.pdf

Download (58kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian awal dengan tujuan meningkatkan kualitas pembelajaran mata kuliah Matematika Sekolah II di Jurusan Matematika UNESA. Ada 2 mata kuliah Matematika Sekolah, yaitu Matematika Sekolah I dan Matematika Sekolah II, yang berisikan materi matematika sekolah beserta pembelajarannya. Yang membedakan kedua mata kuliah tersebut adalah materinya. Materi dalam mata kuliah Matematika Sekolah II adalah kombinatorik, peluang dan statistika, serta trigonometri. Subyek penelitian (pengamatan) ini adalah mahasiswa pendidikan matematika angkatan tahun 2004 kelas A dan pengamatan dilakukan pada semester genap tahun perkuliahan 2006/2007. Dalam pembelajaran Matematika Sekolah II, mahasiswa dikelompokkan dengan masing- masing kelompok terdiri atas 4 sampai 5 mahasiswa. Pembelajaran dilaksanakan dengan memberikan tugas membuat makalah pada setiap minggunya kepada semua kelompok yang berisikan materi dan cara pembelajarannya. Tugas diberikan sesuai dengan GBRP yang telah penulis buat. Dengan cara mengundi, kelompok yang terpilih mempresentasikan hasil kerjanya, dan setelah presentasi, dengan mengundi pula terpilih satu kelompok sebagai kelompok pembahas utama. Setiap kelompok paling sedikit satu kali sebagai penyaji dan satu kali sebagai pembahas utama. Mahasiswa yang tidak termasuk kelompok pembahas utama dapat berpartisipasi sesudah kelompok pembahas utama bertugas. Karena waktu pembelajarannya 100 menit (2 jp), maka pembagian waktunya adalah kurang lebih 50 menit untuk penyajian, 30 menit untuk diskusi, dan sisa waktunya untuk klarifikasi dan umpan balik dari dosen. Skenario pembelajaran ini didasarkan pada hasil pembelajaran Matematika Sekolah I sebelumnya, karena dalam pembelajaran Matematika Sekolah I terdapat banyak kelemahan. Kelemahan itu diantaranya adalah cara memberikan tugas, cara berdiskusi, dan cara memberikan klarifikasi. Dari pembelajaran Matematika Sekolah II ini terungkap bahwa banyak mahasiswa yang kurang memahami cara mendapatkan suatu konsep dan cara membelajarkannya yang sesuai dengan perkembangan teori pembelajaran pada saat ini. Selain itu, banyak yang kurang dapat membelajarkan keterkaitan antara konsep matematika dengan lingkungan atau dunia nyata. Setelah presentasi diadakan diskusi, klarifikasi, dan pemberian umpan balik, baik dari teman sejawat mahasiswa ataupun dari dosen. Umpan balik meliputi materi dan pembelajarannya. Melalui umpan balik tampak bahwa kualitas pemahaman konsep, cara penyajian, cara membelajarkan konsep, cara mengajukan pertanyaan, dan cara memberikan saran dari waktu ke waktu meningkat. Penilaian dilakukan berdasarkan makalah yang dibuat, penyajian, cara menjawab pertanyaan, cara mengajukan pertanyaan, dan cara memberikan solusi kalau ada masalah atau saran. Kata kunci: kualitas pembelajaran, umpan balik

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, umpan balik
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2007
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 13 Feb 2015 07:11
Last Modified: 13 Feb 2015 07:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12080

Actions (login required)

View Item View Item