Outdoor Activities dalam Pembelajaran Matematika di SMA Negeri Bantul Kota Kabupaten Bantul Yogyakarta

R., Rosnawati (2007) Outdoor Activities dalam Pembelajaran Matematika di SMA Negeri Bantul Kota Kabupaten Bantul Yogyakarta. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2007. ISSN 978-979-99314-2-9

[img]
Preview
Text
PM-1.pdf

Download (80kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran matematika dengan menggunakan outdoor activities yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan outdoor activities. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas X SMAN 2 Bantul. Data diperoleh melalui lembar observasi dan angket respon siswa. Untuk memperkuat hasil pengamatan digunakan camera handycam. Berdasar hasil pengamatan, menunjukkan bahwa pengembangan model pembelajaran outdoor activities dengan pendekatan pemecahan masalah yang di kemas dalam pendekatan kooperatif dengan memperhatikan pengembangan pemecahan masalah, pemilihan tipe dari pendekatan kooperatif disesuaikan dengan karakteristik pelajaran matematika, kondisi siswa khususnya pada pemilihan topik,dan pembiasaan pembelajaran di luar ruangan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Diperoleh pula respon yang diberikan siswa positif. Disamping itu siswa memperoleh kebebasan dalam pembelajaran outdoor activities. Kata kunci : outdoor activities, pembelajaran kooperatif

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: outdoor activities, pembelajaran kooperatif
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2007
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 13 Feb 2015 07:11
Last Modified: 08 Mar 2019 06:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12079

Actions (login required)

View Item View Item