Pengaruh Penguasaan Sintaksis, Tingkat Pengetahuan tentang Teori Dongeng, dan Minat Baca terhadap Pemahaman Bacaan Dongeng dalam Buku Sekolah Elektronik

Suryani, Septianna nurul (2014) Pengaruh Penguasaan Sintaksis, Tingkat Pengetahuan tentang Teori Dongeng, dan Minat Baca terhadap Pemahaman Bacaan Dongeng dalam Buku Sekolah Elektronik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-septianna-nurul-suryani-09706251033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki empat tujuan. Keempat tujuan penelitian tersebut adalah lain mengetahui: (1) pengaruh penguasaan sintaksis, tingkat pengetahuan tentang teori dongeng, dan minat baca terhadap pemahaman bacaan dalam BSE; (2) hubungan antara penguasaan sintaksis dan pemahaman bacaan dongeng dalam BSE; (3) hubungan antara tingkat pengetahuan tentang teori dongeng dan pemahaman bacaan dongeng dalam BSE, dan (4) hubungan antara minat baca dan pemahaman bacaan dongeng dalam BSE. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SD Negeri se-Kabupaten Sleman. Sampel sebanyak 370 siswa yang ditentukan menggunakan teknik stratified cluster propotionate random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes dan angket dengan model skala likert. Uji kualitas instrumen tes menggunakan Item Respon Theory (IRT) dengan program QUEST, dan instrumen angket dengan analisis faktor menggunakan program SPSS. Reliabilitas variabel penguasaan sintaksis sebesar 0,86; tingkat pengetahuan tentang teori dongeng 0,84; variabel minat baca 0,889; dan pemahaman bacaan dongeng 0,92. Analisis data menggunakan teknik Regresi Ganda yang diteruskan dengan Korelasi Parsial. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama variabel penguasaan sintaksis (X1), tingkat pengetahuan tentang teori dongeng (X2), dan minat baca (X3) terhadap pemahaman bacaan dongeng dalam BSE (Y) dengan nilai F sebesar 129,826 sig ρ ≤ 0,05; (2) terdapat hubungan yang signifikan antara variabel penguasaan sintaksis (X1) dan pemahaman bacaan dongeng dalam BSE (Y) dengan nilai r sebesar 0,403 sig ρ ≤ 0,05; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara variabel tingkat pengetahuan tentang teori dongeng (X2) dan pemahaman bacaan dongeng dalam BSE (Y) dengan nilai r sebesar 0,399 sig ρ ≤ 0,05; dan (4) terdapat hubungan yang signifikan antara variabel minat baca (X3) dan pemahaman bacaan dongeng dalam BSE (Y) dengan nilai r sebesar 0,269 sig ρ ≤ 0,05. Variansi variabel pemahaman bacaan dongeng dalam BSE (Y) sebesar 51,2% ditentukan oleh variabel penguasaan sintaksis (X1), tingkat pengetahuan tentang teori dongeng (X2), dan minat baca (X3). Dilihat dari koefisien Beta, peran variabel penguasaan sintaksis (X1) sebesar 46,3%, tingkat pengetahuan tentang teori dongeng (X2) sebesar 33,1%, dan minat baca (X3) sebesar 20,6% terhadap pemahaman bacaan dongeng dalam BSE (Y). Peran paling besar terhadap pemahaman bacaan dongeng dalam BSE adalah penguasaan sintaksis.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penguasaan sintaksis, tingkat pengetahuan tentang teori dongeng, minat baca, pemahaman bacaan dongeng dalam BSE.
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Feb 2015 07:10
Last Modified: 23 Nov 2022 03:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12072

Actions (login required)

View Item View Item