Implementasi Program Imersi Pada Siswa Kelas XI MA Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara Jawa Tengah

Andriyani, Santi (2014) Implementasi Program Imersi Pada Siswa Kelas XI MA Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara Jawa Tengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-santi-andriyani-12706251042.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Konsep program imersi yaitu; sejarah imersi, desain program imersi, dan proses belajar mengajar program imersi di MA Hasyim Asy’ari, (2) dampak program imersi bagi siswa kelas XI MA Hasyim Asy’ari yaitu: dampak positif dan dampak negatif, dan (3) faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi program imersi pada siswa kelas XI MA Hasyim Asy’ari yaitu: faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Dilaksanakan di MA Hasyim Asy’ari Bangsri, Jepara, Jawa Tengah. Pengumpulan data menggunakan teknik interview, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Subjek penelitian melibatkan informan antara lain: kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, guru, siswa, pengurus yayasan, wali murid dan alumni dipilih secara purposif. Keabsahan data dalam penelitian ini dinyatakan dengan berbagai bukti temuan berupa rekaman suara, gambar, foto, kondisi riil lapangan sebagai sebuah kasus atau realita sosial yang dialami. Analisis data dilakukan menggunakan analisis interaktif model Miles & Huberman melalui pemaknaan data yang tersaji selama di lapangan dan s esudah meninggalkan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Konsep program imersi di MA Hasyim Asy’ari adalah: (a) tipe pengajaran imersi yang dilakukan oleh guru-guru imersi terdiri dari dua kategori yaitu: total immersion dan in FLES, (b) metode pengajaran yang digunakan oleh guru-guru imersi adalah metode PAIKEM, dan (c) perekrutan siswa imersi meliputi dua tahap yaitu tes tertulis dan wawancara; (2) dampak program imersi bagi siswa yaitu: (a) dampak positif: para siswa memiliki kepercayaan diri dan mental yang baik, para siswa memiliki kosakata yang bervariasi dan prestasinya meningkat, para alumni imersi mendapatkan peluang melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi negeri, (b) dampak negatif: terdapat kesenjangan sosial antara siswa imersi dan siswa reguler, siswa imersi memiliki jadwal yang padat, dan mengalami kebingungan dalam memahami materi pelajaran, dan (3) Faktor pendukung dan penghambat: (a) faktor pendukung, guru-guru imersi memiliki semangat yang tinggi, pihak sekolah menyediakan fasilitas dan kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris yang memadai, para siswa yang memiliki semangat dan minat yang tinggi, ketua jurusan imersi memberikan bimbingan dan perhatian kepada siswa imersi secara penuh, wali murid memberikan dukungan, dan kerjasama dengan pondok pesantren secara sinergis. Adapun faktor penghambat: guru imersi kurang menguasai skill bahasa Inggris, terbatasnya buku bilingual, atmosfir sekolah kurang mendukung untuk berbahasa Inggris, kurang adanya koordinasi, pengawasan dan bantuan dari pemerintah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: program imersi, bahasa Inggris, pembelajaran
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Feb 2015 07:10
Last Modified: 15 Nov 2022 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12070

Actions (login required)

View Item View Item