Pengaruh Intensitas Membaca dan Kemampuan Memahami Bacaan terhadap Kemampuan Menulis Rangkuman Artikel Ilmiah Populer Siswa Kelas IX SMP Negeri se-Kecamatan Batang Kabupaten Batang

Wijayanti, Rini (2014) Pengaruh Intensitas Membaca dan Kemampuan Memahami Bacaan terhadap Kemampuan Menulis Rangkuman Artikel Ilmiah Populer Siswa Kelas IX SMP Negeri se-Kecamatan Batang Kabupaten Batang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rini wijayanti-12706259012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Tujuan tersebut, yaitu: (1) mengetahui pengaruh intensitas membaca terhadap kemampuan memahami bacaan, (2) mengetahui pengaruh kemampuan memahami bacaan terhadap kemampuan menulis rangkuman artikel ilmiah populer, (3) mengetahui pengaruh intensitas membaca terhadap kemampuan menulis rangkuman artikel ilmiah populer melalui kemampuan memahami bacaan sebagai variabel intervening. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri se-Kecamatan Batang yang berjumlah 1694. Sampel dipilih sebanyak 313 siswa menggunakan stratified proportional random sampling. Instrumen tes dan angket digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa seluruh data berdistribusi normal, bersifat linier, tidak menunjukkan gejala multikolinieritas, tidak terjadi autokorelasi, dan terbebas dari heterokedasdisitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi mediasi dengan metode causal step dan uji Sobel untuk mencari signifikansi pengaruh tidak langsung intensitas membaca terhadap kemampuan menulis rangkuman artikel ilmiah populer melalui kemampuan memahami bacaan sebagai variabel intervening. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas membaca berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan memahami bacaan dengan p value < α pada jalur a yaitu 0,001 < 0,05 koefisien regresi sebesar 0,330. Kemampuan memahami bacaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan menulis rangkuman artikel ilmiah populer dengan p value < α pada jalur b yaitu 0,000 < 0,05 koefisien regresi 0,112. Intensitas membaca berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis rangkuman artikel ilmiah populer melalui kemampuan memahami bacaan sebagai variabel intervening dengan zhit 2,282 > ztab 1,96.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Feb 2015 07:10
Last Modified: 21 Nov 2022 02:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12065

Actions (login required)

View Item View Item