Kurniawan, Puji (2014) Keefektifan Media Powerpoint Tanpa Animasi dan Powerpoint Beranimasi Tidak Koheren dalam Pembelajaran Menulis Laporan pada Peserta Didik Kelas VIII SMP. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-puji-kurniawan-12706259008.swf Download (45MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki lima tujuan. Kelima tujuan tersebut yaitu mengungkapkan: (1) keefektifan media Powerpoint tanpa animasi, (2) keefektifan media Powerpoint beranimasi tidak koheren, (3) perbedaan keefektifan antara media Powerpoint tanpa animasi dan media Powerpoint beranimasi tidak koheren, (4) perbedaan hasil belajar antara peserta didik sekolah level rendah dan peserta didik sekolah level tinggi, dan (5) interaksi antara media dan level sekolah, dalam pembelajaran menulis laporan di kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain faktorial sederhana. Variabel bebas penelitian ini yaitu media Powerpoint tanpa animasi, media Powerpoint beranimasi tidak koheren, dan level sekolah. Level sekolah meliputi sekolah level tinggi dan sekolah level rendah. Adapun variabel terikatnya yaitu kemampuan menulis laporan. Populasi penelitian ini meliputi seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kawunganten dan peserta didik kelas VIII SMP Sultan Agung Kawunganten di Kabupaten Cilacap. Dua kelas dari tiap sekolah ditentukan sebagai sampel dengan teknik cluster random sampling. Dua kelas tersebut masing-masing dijadikan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode penugasan. Data dianalisis dengan uji-t dan uji Anova dua arah, dengan menggunakan program SPSS 16. Kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, media Powerpoint tanpa animasi efektif digunakan dalam pembelajaran menulis laporan pada peserta didik kelas VIII SMP (to = -12,745, tt = 2,011, to > tt, p < 0,05). Kedua, media Powerpoint beranimasi tidak koheren efektif digunakan dalam pembelajaran menulis laporan pada peserta didik kelas VIII SMP (to = -6,643, tt = 2,011, to > tt, p < 0,05). Ketiga, ada perbedaan keefektifan yang signifikan antara media Powerpoint tanpa animasi dan media Powerpoint beranimasi tidak koheren (Fo = 6,407, Ft = 3,93, Fo > Ft, p < 0,05). Keempat, ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik sekolah level tinggi dan peserta didik sekolah level rendah (Fo = 40,521, Ft = 3,93, Fo > Ft, p < 0,05). Kelima, dalam pembelajaran menulis laporan pada peserta didik kelas VIII SMP, tidak terdapat interaksi yang signifikan antara media dan level sekolah (Fo = 1,378, Ft = 3,93, Fo < Ft, p > 0,05).
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keefektifan, media powerponit tanpa animasi, media power ponit beranimasi tidak koheren, menulis laporan |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 03 Feb 2015 00:41 |
Last Modified: | 08 May 2019 15:33 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12059 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |