Pengembangan Bahan Bacaan Cerita Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter untuk Pembelajaran Membaca Siswa Kelas II SD di Balikpapan Utara

Maulida, Nurliani (2014) Pengembangan Bahan Bacaan Cerita Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter untuk Pembelajaran Membaca Siswa Kelas II SD di Balikpapan Utara. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurliani-maulida-12706251021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian bahan bacaan cerita bergambar berorientasi pendidikan karakter memiliki tujuan sebagai berikut. Pertama, menghasilkan produk berupa bahan bacaan berorientasi pendidikan karakter yang berkualitas. Kedua, mendeskripsikan keefektifan produk bahan bacaan ditinjau dari KKM. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini meliputi: (1) pendahuluan; (2) pengembangan produk; (3) evaluasi produk; (4) produk akhir. Uji coba dilaksanakan di SD Negeri 020 Balikpapan Utara dan SD Negeri 004 Balikpapan Utara dengan dua guru yang berbeda. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar angket siswa, dan tes hasil belajar. Analisis data kevalidan dan kepraktisan dilakukan dengan cara mengkonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif berupa nilai standar skala tiga. Penelitian pengembangan ini dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Hasil evaluasi oleh ahli materi, ahli media, dan guru kelas II SD ditinjau dari aspek pembelajaran, aspek isi, dan aspek tampilan menunjukkan bahwa produk bahan bacaan cerita brgambar berorientasi pendidikan karakter berkualitas ‘baik’. (2) Produk bahan bacaan cerita bergambar berorientasi pendidikan karakter terbukti efektif dalam pembelajaran ditinjau dari KKM.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Feb 2015 00:41
Last Modified: 17 Nov 2022 03:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12055

Actions (login required)

View Item View Item