Penerapan Metode Inkuiri dalam Pembelajaran Membaca untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kemampuan Menemukan Gagasan Utama Paragraf Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Piyungan Tahun Pelajaran 2013/2014

Hamidah, Nur (2014) Penerapan Metode Inkuiri dalam Pembelajaran Membaca untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kemampuan Menemukan Gagasan Utama Paragraf Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Piyungan Tahun Pelajaran 2013/2014. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nur-hamidah-12706259003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan keaktifan siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Piyungan Tahun Pelajaran 2013/2014 dalam proses pembelajaran membaca melalui penerapan metode inkuiri, (2) meningkatkan kemampuan menemukan gagasan utama paragraf pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Piyungan Tahun Pelajaran 2013/2014 melalui penerapan metode inkuiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Peneliti bersama guru kolaborator secara bersiklus melakukan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Piyungan pada semester satu tahun pelajaran 2013/2014. Data yang dikumpulkan meliputi data sebelum tindakan dan data-data selama proses tindakan serta data-data setelah tindakan. Pengumpulan data mengenai keaktifan siswa sebelum tindakan dan selama tindakan dilakukan dengan cara melakukan observasi pada pembelajaran, baik sebelum tindakan maupun selama tindakan. Wawancara juga dilakukan pada guru bahasa Indonesia untuk mengungkap pelaksanaan pembelajaran membaca yang telah dilakukan sebelum maupun sesudah tindakan. Setiap pelaksanaan tindakan dalam pembelajaran membaca dicatat oleh kolaborator dalam sebuah catatan lapangan. Digunakan juga lembar check list, baik untuk siswa maupun kolaborator. Selama tindakan, keaktifan siswa selalu dipantau dan diberi skor sesuai kriteria yang ditentukan. Sementara itu, untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menemukan gagasan utama paragraf dilakukan uji kompetensi. Uji kompetensi dilakukan tiga kali, yakni sebelum tindakan, setelah tindakan siklus I, dan setelah tindakan siklus II. Selanjutnya, pendokumentasian pembelajaran sebelum tindakan dan pembelajaran dengan tindakan selalu dilakukan dalam bentuk pengambilan foto ketika pelaksanaan pembelajaran. Hal ini digunakan sebagai bukti pelaksanaan penelitian. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan diterapkannya metode inkuiri dalam pembelajaran membaca, ada peningkatan keaktifan dan kemampuan siswa untuk menemukan gagasan utama paragraf. Pada pembelajaran sebelum tindakan, keaktifan siswa mempunyai skor rata-rata atau mean 10,81meningkat menjadi 13,68 pada tindakan siklus I, dan meningkat lagi menjadi 14,95 pada siklus II. Dilihat dari segi hasil, pembelajaran membaca dengan menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa berupa kemampuan menemukan gagasan utama paragraf. Skor rata-rata uji kompetensi sebelum tindakan 6,04, meningkat menjadi 7,86 pada uji siklus I, dan meningkat lagi menjadi 8,32 pada uji siklus II.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan siswa, gagasan utama paragraf, metode inkuiri
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Feb 2015 00:41
Last Modified: 07 Apr 2022 04:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12053

Actions (login required)

View Item View Item