Ardian, M. Imron (2014) Analisis Ketidakefektifan Kalimat dalam Karangan Siswa Hasil Pembelajaran Menulis Petunjuk di SMP 3 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-m-imron-ardian-12706259014.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud kalimat tidak efektif dalam karangan siswa hasil pembelajaran menulis petunjuk di kelas VIII SMP 3 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan yang meliputi (1) ketidaktepatan struktur, (2) ketidaktepatan diksi, (3) ketidakhematan, dan (4) ketidaktepatan penggunaan ejaan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyusun kalimat efektif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang berusaha menggambarkan dan menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana suatu fenomena terjadi. Subjek penelitian ini adalah karangan siswa hasil pembelajaran menulis petunjuk di kelas VIII SMP 3 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2013/2014, sedangkan objek yang diteliti adalah wujud kalimat tidak efektif dan faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyusun kalimat efektif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan catat. Teknik angket dan wawancara digunakan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyusun kalimat efektif. Hasil karangan siswa diidentifikasi, dikategorikan, dijumlahkan, dideskripsikan berdasarkan jenis kesalahan, kemudian disimpulkan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Wujud kalimat tidak efektif karena ketidaktepatan struktur meliputi kalimat tidak bersubjek sebanyak 39, kalimat tidak berobjek 35, kalimat yang unsurnya tidak lengkap 28, dan kalimat yang susunannya tidak cermat 5. (2) Wujud kalimat tidak efektif karena ketidaktepatan diksi meliputi diksi yang tidak cermat sebanyak 52 dan diksi yang tidak baku 17. (3) Wujud kalimat tidak efektif karena ketidakhematan meliputi penggunaan unsur yang tidak perlu sebanyak 62, pengulangan unsur yang tidak perlu 18, dan penguraian yang tidak perlu 19. (4) Wujud kalimat tidak efektif karena ketidaktepatan penggunaan ejaan meliputi ketidaktepatan penggunaan huruf kapital sebanyak 183, penulisan kata 163, tanda titik 301, tanda koma 93, dan tanda hubung 4. (5) Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyusun kalimat efektif adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap kaidah penyusunan kalimat efektif, proses pelaksanaan pembelajaran yang belum sesuai dengan tujuan, dan pengaruh bahasa pertama siswa terhadap penggunaan bahasa Indonesia. Implikasi dari penelitian ini adalah guru dapat mengupayakan strategi pembelajaran yang lebih tepat dalam pembelajaran menulis agar kesalahan yang dilakukan siswa dapat dikurangi dan tidak terulang kembali.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menulis petunjuk, kalimat efektif, faktor penyebab ketidakefektifan kalimat |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 02 Feb 2015 02:42 |
Last Modified: | 15 Nov 2022 02:50 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12036 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |