Pengaruh Motivasi, Keyakinan Diri, dan Persepsi Siswa terhadap Apresiasi Karya Sastra Siswa SMP di Kabupaten Lombok Timur

Alpian, Mimi (2014) Pengaruh Motivasi, Keyakinan Diri, dan Persepsi Siswa terhadap Apresiasi Karya Sastra Siswa SMP di Kabupaten Lombok Timur. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mimi-alpian-12706251047.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi; (2) pengaruh keyakinan diri; (3) pengaruh persepsi siswa, dan (4) pengaruh motivasi, keyakinan diri dan persepsi siswa terhadap apresiasi karya sastra siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey ini mengandung tiga variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebas adalah motivasi, keyakinan diri, dan persepsi siswa, sedangkan variabel terikat adalah kegiatan apresiasi karya sastra. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP di Kabupaten Lombok Timur yang berjumlah 34.703 siswa. Sampel sejumlah 383 siswa ditentukan menggunakan teknik proportional stratified sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket motivasi, angket keyakinan diri, angket persepsi siswa, dan angket kegiatan apresiasi karya sastra. Untuk mengetahui pengaruh tersebut, peneliti menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini ada empat. Pertama, motivasi berpengaruh terhadap apresiasi karya sastra siswa dengan nilai rata-rata motivasi siswa adalah 52,07 (sedang). Kedua, keyakinan diri berpengaruh terhadap apresiasi karya sastra siswa dengan nilai rata-rata keyakinan diri adalah 34,33 (sedang). Ketiga, persepsi siswa berpengaruh terhadap apresiasi karya sastra siswa dengan nilai rata-rata persepsi siswa adalah 55,24 (tinggi). Keempat, motivasi, keyakinan diri, dan persepsi siswa berpengaruh secara bersama-sama terhadap apresiasi karya sastra siswa dengan nilai F = 105,252 dan nilai signifikansi = 0,000.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: motivasi, keyakinan diri, persepsi siswa, dan apresiasi karya sastra
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Feb 2015 02:42
Last Modified: 14 Nov 2022 08:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12035

Actions (login required)

View Item View Item